Skip to main content

Wagub Minta Guru TK dan PAUD Sebarkan Semangat Hidup Sehat Sejak Dini

SURABAYA (Mediabidik) - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) minta seluruh guru sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk menyebarkan semangat hidup sehat sejak dini kepada siswa-siswi didiknya. 

Permintaan itu disampaikannya saat membuka Pelatihan Senam Irama Gembira Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) di Hall Zaitun Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Sabtu (27/1).

Gus Ipul, mengatakan, pentingnya membiasakan hidup sehat sejak dini karena tren penyakit era sekarang berbeda dengan era dulu. "Jika dulu penyakit yang menyebabkan kematian itu disebabkan penyakit menular, seperti malaria, atau paru-paru. Tapi sekarang, malah penyakit yang tidak menular" katanya.

Penyakit tidak menular seperti diabetes, stroke, dan kanker, lanjut Gus Ipul, cenderung menjadi penyebab kematian di era sekarang. "Karena itu, saya meminta seluruh guru TK dan PAUD untuk menyebarkan semangat hidup sehat kepada siswa-siswi didiknya sejak dini" lanjutnya.

Semangat hidup sehat, ujar pria yang gemar menikmati citarasa kopi nusantara ini, dapat dilakukan dengan menjaga pola makan, seperti rutin mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan."Konsumsilah sayur-sayuran dan buah-buahan lokal, karena lebih bagus dan bergizi" ujarnya.

Selain gemar mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, juga harus membiasakan diri untuk rutin olahraga setiap hari. "Jadi saya menyambut baik pelatihan senam irama gembira ini, mari kita ajak anak-anak didik kita untuk senang berolahraga" katanya.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul juga memuji semangat seluruh guru TK dan PAUD. Pasalnya, meski di beberapa aspek terdapat keterbatasan, namun semangat mereka untuk membina murid-muridnya tetap luar biasa. Ini karena kesadaran para guru bahwa mereka adalah penentu generasi masa depan bangsa.

"Guru TK dan PAUD adalah guru yang mendidik fondasi karakter generasi penerus bangsa. Sebab perkembangan karakter anak-anak yang pertama adalah di usia 0-8 tahun. Pendidikan karakter adalah paham mana yang benar dan salah, baik dan buruk. Di tingkat PAUD dan TK lah anak-anak diajarkan seperti itu" katanya.

Melihat fakta tersebut, Gus Ipul berkomitmen untuk terus memperjuangkan dunia pendidikan TK dan PAUD agar semakin maju. "Limapuluh persen keberhasilan proses pendidikan ditentukan gurunya, jadi jika kita ingin majukan pendidikan, kita harus meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru" pungkasnya.

Ketua Panitia, Hj. Anna mengatakan, pelatihan senam irama gembira ini diikuti oleh 1.200 guru TK dan Kepala TK dari 35 kabupaten/kota di Jatim yang tergabung dalam IGTKI Jatim. Karena keterbatasan lokasi, pelatihan ini dibagi dalam dua sesi, yakni sesi pagi dan siang.

"Terima kasih kepada bapak Wagub yang sudah memfasilitasi acara ini, dan meningkatkan kualitas profesionalitas serta kesejahteraan para guru" katanya.(rofik)

Comments

Popular posts from this blog

Komisi B Minta Pemprov serius sosialisasi dana pinjaman untuk pelaku UMKM

SURABAYA ( Media Bidik) - Jatim sangat apresiasi terhadap Pemprov yang mempunyai program membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatim dengan menggelontorkan dana sebesar 400 Miliar di Bank UMKM guna memberikan bantuan kredit lunak kepada para pelaku UMKM di Jatim. Namun Chusainuddin,S.Sos Anggota Komisi B yang menangani tentang Perekonomian menilai Pemerintah provinsi masih kurang serius memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutrama pelaku UMKM yang sebenarnya ada dana pinjaman lunak untuk mereka. " Ketika saya menjalankan Reses di Blitar,Kediri dan Tulungagung , banyak masyarakat sana tak mengetahui ada dana pinjaman lunak di Bank UMKM untuk para pelaku UMKM, karena sebenarnya jika Pemprov serius memberikan sosialisasi sampai ke tingkat desa,maka saya yakin masyarakat sangat senang sekali," ucap pria yang akrab dipanggil Gus Udin tersebut. Apalagi menyambut MEA, seharusnya pelaku UMKM sudah mengerti kalau ada dana pinjaman unt

Hari Pahlawan 10 November

Ucapan HUT Partai NasDem ke 10