Skip to main content

Melaju Tanpa Batas, Usia 60 Tahun Bank Jatim Semakin Melejit


Mediabidik.com
– Bertepatan HUT RI ke -67 pada tanggal 17 Agustus 2021, Genap enam dekade sudah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) berkiprah di dunia Perbankan. Selama itu pula Bank Jatim berusaha untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transaksi perbankan. "Melaju Tanpa Batas" menjadi simbol semangat bankjatim untuk terus meningkatkan layanan, inovasi, kreatifitas, serta kinerja keuangan secara keseluruhan demi mewujudkan visi menjadi BPD nomor satu di Indonesia.

Pertumbuhan kinerja yang terus berkelanjutan selama lima tahun terakhir menjadi salah satu bukti bahwa jargon "Melaju Tanpa Batas" layak disematkan dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke enam puluh tahun Bank Jatim.
Kinerja yang terus tumbuh selama lima tahun terakhir juga menjadi bukti bahwa Bank Jatim dapat menjawab tantangan yang cukup berat selama pandemi Covid-19. Terbukti semakin tangguh dan tumbuh, Kinerja keuangan bankjatim semester I Tahun 2021 menunjukkan performa yang bagus bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY).

Berdasarkan kinerja Juni 2021, aset bankjatim tercatat Rp. 95,48 triliun atau tumbuh 26,90% (YoY), laba sebelum pajak bankjatim tembus Rp. 1,04 Triliun atau tumbuh 5,56% (YoY) sedangkan laba bersih bankjatim tercatat Rp. 803 Miliar atau tumbuh 4,32%(YoY). Selama semester I 2021, Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mencatatkan pertumbuhan 27,36% (YoY) yaitu sebesar Rp. 81,52 triliun. Meskipun masih di tengah-tengah pandemi, bankjatim juga tetap mampu mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 8,72% (YoY) atau sebesar Rp.42,60 triliun.

Pada perayaan HUT ke 60 tahun bank jatim menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Kodam V Brawijaya dan RSUD Dr. Sutomo masing-masing berupa mobil operasional dan mobil darurat jantung. Selain itu Bank Jatim juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak covid-19 dengan total sebesar Rp. 466.500.000, yang diberikan masing-masing kepada orang penggali makam & driver ambulance, pedang kecil, tenaga kesehatan, guru ngaji & majelis taklim, panti asuhan, driver ojek online, serta pengemudi angkot. Selain itu, bankjatim juga mengadakan program donor darah dan skrinning donor konvalesen sebagai bentuk kepedulian Bank Jatim terhadap para pasien yang saat ini sedang membutuhkan pasokan darah di beberapa rumah sakit yang ada di Surabaya.

Dihadiri langsung oleh Direktur utama bankjatim Busrul Iman, Direktur TI & Operasi bankjatim Tonny Prasetyo, Panglima Kodam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto, Plt. Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Timur Jumadi, serta Direktur Umum & Keuangan RSUD Dr. Sutomo Primada Kusumaninggar, kegiatan dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan pemerintah. 

Dalam sambutannya, Direktur Utama Busrul Iman menyampaikan bahwa bankjatim hadir untuk masyarakat Jawa Timur. bankjatim setiap tahun secara rutin mengalokasikan CSR di bidang Kebudayaan, Pendidikan, Kesehatan, dan Sosial sebagai tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kepada masyarakat. 

"Kali ini masih dalam rangkaian HUT RI dan HUT bankjatim, kami mengadakan serangkaian kegiatan yang penuh dengan nuansa sosial dalam rangka memberikan nilai manfaat kepada masyarakat sehingga bankjatim bisa terus sustainable," terang Busrul. 

Dalam kesempatan yang sama, Panglima Kodam V Brawijaya, Mayjend Suharyanto mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada bankjatim yang telah memberikan CSR berupa 1(satu) mobil operasional untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh jajaran TNI. 

"Mobil operasional ini nantinya akan membantu mempermudah pergerakan kami dari satu titik kegiatan ke titik yang lain" ujar Suharyanto.

Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Timur, Jumadi yang hadir mewakili Gubernur Jawa Timur menjelaskan bahwa Bank Jatim merupakan salah satu entitas kami dan BUMD penyumbang dividen terbesar bagi Jawa Timur.

"Seperti kita ketahui bahwa semester satu yang lalu kinerja keuangan bankjatim tumbuh signifikan seiring dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur 7,05 %." jelas Jumadi. 

"Kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen bankjatim untuk menyalurkan CSR dan Bantuan Sosial kepada masyarakat Jawa Timur, sehingga memberikan stimulus bagi masyarakat yang tentunya memiliki dampak positif pada pertumbuhan ekonomi Jawa Timur." imbuh Jumadi.(rofik)

Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni