Skip to main content

KPPU himbau Waspadai Lonjakan Harga Dua Komoditas

SURABAYA (Mediabidik) - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Surabaya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar memwaspadai lonjakan harga dua komoditas bawang putih dan telur menjelang Ramadan, pasalnya harga-harga sembako kerap melambung tinggi. Dan kerap dijadikan kesempatan oleh para mafia pasar untuk mempermaikan harga. 

Kepala KPD (Kantor Perwakilan Daerah) KPPU Surabaya Aru Armando mengatakan, untuk semua keputuhan pokok masyarakat untuk saat ini masih terbulang cukup aman. 

" Untuk kebutuhan pokok yang lain masih terkendali dan stabil. Yang harus diwapadai oleh masyakarat untuk kenaikan harga pasar menjelang Ramadhan ini ada dua komoditas bawang putih dan telur ayam," ungkap Aru Armando Selasa 16/5 di Kantor KPPU. 

Aru menjelaskan, Dari hasil survie yang kami lakukan oleh pihak KPPU di seluruh daerah di Jawa Timur ini bahwa kenaikan bawang putih luarbias, " Kami pernah menenukan di daerah itu harga bawang putih itu mencapai hingga mencapai 80 ribu rupiah, dan untuk surabaya ini haraga yang kami temukan itu 60 - 65 ribu rupiah perkilo," kata Aru.

" Kenaikan itu, sangat tinggi yang dibandingkan sebelumnya hanya 38-40 ribu rupiah perkilonya, sementara untuk harga telur ayam dari tingkat petani sebelumnya 16 ribu rupiah dan sekarang mencapai 22,5 ribu rupiah," tambahnya.

Selain itu, Aru menjelaskan untuk saat ini bersama dengan Satgas Pangan terus melakukan pengawasan terhadap harga pasar menjelang Bulan suci ramadhan ini. Dengan penetapan HET (Harga Eceran tertingi) bisa membantu masyakarat untuk memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

" Untuk wilayah Jawa Timur relevan itu kita membahas 2 komoditas, yakni harga dua komuditas yang sudah ditentukan HET-nya yakni Minyak goreng yang dikemas sederhana 11 ribu rupiah dan Gula pasir 12,5 ribu rupiah" ungkapnya.

Menurut Aru, seperti hasil sidak dipasar Babakan Perak Surabaya tadi, KPPU tidak menemukan sebuah kenaikan harga yang signifikan dari kedua komuditas Gula pasir dan Minyak. " kami masih menemukan ada kenaikan harga minyak goreng diatas HET di pasar tradisional namun tidak banyak, cuma ada kenaikan 500 rupiah dari harga HET,"ungkapnya.

" Karena untuk harga daging yang  batas harga HET adalah harga daging import. tapi di Jatim kan ada larangan untuk harga daging import, namun untuk haraha daging sapi di Jatim masih setabil harga 105 - 110 ribu rupiah," tambah Aru.(pan) 

Comments

Popular posts from this blog

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni