Skip to main content

Lebih Dekat ke Masyarakat dengan 'BPJS Ketenagakerjaan SUPERWEEKEND 2016'.

SURABAYA (Mediabidik) - Selama dua hari, Sabtu-Minggu (10-11/12/2016), BPJS Ketenagakerjaan menggelar event  "BPJS Ketenagakerjaan SUPERWEEKEND 2016" di Atrium Mall Royal Plasa, Surabaya.

Kegiatan yang merupakan rangkaian HUT ke-39 BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan upaya menjaring kepesertaan secara masif di sejumlah wilayah Indonesia, terutama di Surabaya.

Hadir dalam kegiatan ini, Direktur Perluasan Kepesertaan & Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, E Ilyas Lubis dan Kepala Urusan Komunikasi Eksternal BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja. Juga Kakanwil BPJS Ketenagakerjaan Jatim, Abdul Cholik, dan Kakacab BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo, Dani Santoso.

Ilyas Lubis mengatakan, kegiatan ini merupakan media edukasi tentang pentingnya jaminan sosial, sosialisasi manfaat program BPJS Ketenegakerjaan, dan sekalian untuk menjaring kepesertaan baru.

"Kami berharap masyarakat mengerti bahwa ada potensi risiko sosial ekonomi yang bisa kapan saja menimpa mereka. Karena itu, BPJS Ketenagakerjaan hadir sebagai jawaban atas kebutuhan perlindungan jaminan sosial bagi pekerja di Indonesia," kata Ilyas.

Kegiatan ini, lanjutnya juga merupakan ajang untuk menjalin kedekatan dengan masyarakat dengan BPJS Ketenagakerjaan. "Sekaligus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya Jaminan Sosial, sehingga menumbuhkan kesadaran untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan", tutur Ilyas.

Sementara Abdul Cholik menambahkan, untuk menarik antusias pengunjung terhadap acara ini, BPJS Ketenagakerjaan menghadirkan penyanyi Petra Sihombing. "Satu hal yang unik, ikon dari acara Superweekend ini adalah Super Hero yang badannya terlilit perban, seakan baru saja mengalami kecelakaan," ujar Cholik. 

Bukan tanpa alasan, tampilan Super Hero tersebut secara tersirat memiliki arti bahwa "Super Hero juga Butuh Perlindungan". Bagi pengunjung yang berfoto dengan super hero tersebut dan mengunggah fotonya di social media dengan hastag #bpjstksuperweekend dan akan mendapat souvenir menarik.

Pengunjung, khususnya peserta BPJS Ketenagakerjaan, juga akan diberikan berbagai macam diskon di setiap booth pada bazaar dengan cara yang cukup mudah, yaitu hanya dengan menunjukkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

Jika pengunjung ingin tahu lebih jauh tentang manfaat program BPJS Ketenagakerjaan, dan saldo Jaminan Hari Tua-nya, mereka dapat mengunjungi booth BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia di lokasi kegiatan. "Petugas akan selalu siap melayani dengan PRIMA. Bagi pengunjung yang telah mengunjungi booth BPJS Ketenagakerjaan, akan mendapatkan kesempatan untuk memilih souvenir menarik di pohon kesejahteraan," ulasnya.

"Kami harapkan masyarakat mengerti bahwa ada potensi risiko sosial ekonomi yang bisa kapan saja menimpa mereka. Karena itu, BPJS Ketenagakerjaan hadir sebagai jawaban atas kebutuhan perlindungan jaminan sosial bagi pekerja di Indonesia," jelas Cholik.

Sementara dari data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan hingga Oktober 2016, Peningkatan Kinerja untuk Kesejahteraan Pekerja, kinerja BPJS Ketenagakerjaan sudah mendekati target yang ditetapkan untuk periode 2016 secara keseluruhan.

Penerimaan iuran per 1 Oktober 2016 mencapai Rp. 38,70 Triliun yang merupakan 90,72% dari target 2016 sebesar Rp. 42,66 Triliun. Sejalan dengan itu, pencapaian kepesertaan pada Oktober 2016 untuk tenaga kerja aktif mencapai 21.073.391 peserta peserta atau setara dengan 96,14% dari target 2016.

Sedangkan dana investasi yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan per Oktober 2016 telah mencapai Rp 250,33 Triliun dengan hasil investasi sebesar Rp. 19,30 Triliun.
Sementara itu, kinerja BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim juga terus mengalami peningkatan. 

Penerimaan iuran per bulan Oktober 2015 kini mencapai Rp 3,18 Triliun atau 109% dari pencapaian Oktober 2015. Pencapaian kepesertaan Oktober 2015 untuk tenaga kerja aktif mencapai 1.560.433 peserta atau sebesar 104,4% dari pencapaian Oktober 2015.

Kegiatan ini secara bergantian juga digelar di sejumlah Kota, yakni Denpasar, Bandung, Palembang, Pekanbaru, Jakarta, Tanggerang, Medan dan Jogjakarta. Sedangkan di Surabaya bersamaan juga digelar di Makassar dan Balikpapan. 

Konsep yang diusung adalah pertunjukan musik yang didalamnya terdapat bazaar UKM dengan ciri khas lokal dari masing-masing wilayah, berbagai perlombaan juga digelar untuk memeriahkan acara tersebut, seperti diantaranya perlombaan Cosplay, lomba mewarnai bagi anak-anak, dan ajang pencarian bakat "BPJSTK Got Talent". (haria)

Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni