Ads (728x90)

SURABAYA (Mediabidik) - Jelang Hari Raya Idul Adha, pemerintah kota (Pemkot) Surabaya bakal melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Pengawasan yang dilakukan mulai dari pengawasan terhadap hewan kurban hingga pemberian pelatihan penyembelihan dan gelaran program jasa penyembelihan hewan kurban.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Joestamadji mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak diantaranya MUI, PDHI Jatim, Rumah Potong Hewan Surabaya untuk bekerjasama.

" Kami telah berkoordinasi dengan banyak pihak untuk lebih maksimal dalam mengawasi penyembelihan hewan kurban dan menyediakan jasa untuk mempermudah masyarakat " ujarnya saat bertemu dengan para wartawan dikantor humas pemkot surabaya, Jumat (04/08).

Untuk pengawasan hewan lanjut Joestamadji, pihaknya akan melakukan mulai 2 minggu sebelum hari H dengan menerjunkan pihak dinas dibantu penyuluh dari kecamatan untuk melakukan pengawasan.

" Tim kami terjunkan untuk pemeriksaan secara kasat mata mulai bulu sinar mata, melihat umur hewan, hingga pemeriksaan penyakit " ujarnya.

Joestamadji juga menyebut bahwa pengawasan lebih inten dilakukan terhadap hewan yang berasal dari daerah perbatasan.

" Kami akan lebih mengawasi secara lebih intens dengan daerah perbatasan barat provinsi Jatim "

Pasalnya, lanjut Joestamadji daerah tersebut sempat terindikasi adanya penyakit antrax.

Sementara itu, Kepala PD RPH Surya Kota Surabaya Teguh Prihandoko menyebut bahwa pihaknya juga menyediakan jasa untuk mempermudah masyarakat melakukan penyembelihan hewan kurban.

" Kami memberikan program pelatihan penyembelihan ternak kurban metode halal dan bursa sapi kurban," imbuhnya.

Ditempat yang sama, Ketua PDHI Jatim I, Suwarno mengatakan, pihaknya juga ikut berpartisipasi dengan ikut melakukan pengawasan bersama Dinas Ketahanan Pangan dan pihak RPH.

" Kami juga ikut dalam melakukan pengawasan dan memberikan pelatihan kepada para takmir masjid,"pungkasnya.(pan)

Post a Comment