Ads (728x90)

SURABAYA (Mediabidik) - Guna menarik wisatawan agar berkunjung ke tempat wisata Sunan Ampel, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) pemkot Surabaya melakukan revitalisasi kawasan Sunan Ampel, salah satunya revitalisasi pedestrian dan pemasangan ornamen lampu klasik di Jalan Panggung Surabaya.

Taufik Siswanto kabid permukiman DPRKPCKTR pemkot Surabaya menuturkan, perbaikan revitalisasi terkait dengan jalan Panggung untuk heritage kaitannya dengan wisata Ampel untuk jadi kota tua. 

"Supaya menarik wisatawan kesana, menarik wisatawan," ucap Taufik, Senin (14/10/2019).

Taufik menjelaskan, perbaikannya dari jalan aspal dan pedestrian dibuat jadi klasik, juga dengan lampu lampunya untuk menarik wisatawan. Jalan Karet pun nanti juga ada perbaikan, tapi untuk jalan Karet yang nangani PU Bina Marga.

"Wisata Ampel, dilingkungan Ampel nanti berjalan terus. Nanti di lingkungan Ampel termasuk di Masjidnya nanti ada perbaikan, termasuk jalan lingkungan ada perbaikan tapi bertahap. Termasuk jalan Panggung.

"Untuk panjang jalan Panggung kurang lebih 500 meter, yang survey termasuk perbaiki saluran atau normalisasi saluran, juga dari aspal diganti paving yang klasik atau model klasik. Juga ornamen lampu antik dan pedestrian, juga batu gobel untuk menambahkan kesan klasik," terangnya.

Lebih lanjut kabid permukiman menambahkan, selain menjadikan jalan Panggung kota tua, agar ikon itu timbul kembali biar jadi tau. Kalau lokasi selama ini adalah daerah daerah yang bersejarah, daerah religi atau wisata religi dan bangunan rumah tua.

"Untuk anggaran revitalisasi sekitar Rp3 milliar, melalui lelang dan batas akhir pekerjaan November. Progres pekerjaan saat ini masih 35 persen, kontrak pekerjaan tiga bulan dan baru berjalan satu bulan," ungkapnya. (pan)

Foto : Tampak pemasangan lampu klasik dan perbaikan pedestrian di jalan Panggung Surabaya

Post a Comment