Ads (728x90)


SURABAYA (Mediabidik) - Pelantikan Pengurus DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Surabaya yang digelar Kamis (22/12) di gedung Graha Sawunggaling lantai VI pemkot Surabaya, berharap seluruh anggota IWAPI dapat bersinergi dengan Pemkot Surabaya, terutama dalam hal pembangunan kota dan sumber daya manusia.

Ketua IWAPI Kota Surabaya, Reny Widya Lestari, mengatakan, sinergi IWAPI dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam hal pembangunan kota dan sumber daya manusia sangat penting, untuk kemajuan Kota Surabaya.

"Selain pembangunan Kota, Sinergi dengan Pemkot sangat diperlukan guna mendukung pemasaran produk-produk unggulan Surabaya, bukan saja di pasar domestik bahkan hingga pasar internasional."ujarnya, kepada wartawan di sela acara pelantikan IWAPI Kota Surabaya, di Gedung Pemkot Surabaya, Kamis (22/12/16).

Ia menjelaskan, saat ini dari 200 anggota IWAPI Kota Surabaya mengeluhkan soal pemasaran, terutama untuk pasar internasional, meski saat ini sudah ada kerjasama dengan Colombo Plant, Jatim Mart, dan Korea Trade Center dalam hal ekspansi produk ke luar negeri, namun dukungan dari Pemkot Surabaya sangatlah di perlukan agar lebih cepat masuk ke pasar luar negeri.

Reny juga menambahkan, ada tiga produk yang dihasilkan oleh anggota IWAPI seperti, Fashion, Aksesoris, dan perhiasan, produk ini yang mudah diterima oleh pasar internasional. Setiap tahun permintaan untuk tiga produk tersebut terus tumbuh 15-20%, terutama bagi pasar Jepang, Korea, Singapura, dan pasar Eropa seperti Amerika dan, Perancis.

"Produk fashion diantaranya Batik, Sport Wear, dan aksesoris seperti kalung, manik-manik, serta kerajinan ini produk hasil IWAPI yang mudah diterima pasar internasional. Tahun 2016 ini saja total bisnis IWAPI growt 15-20%, meski secara keseluruhan kondisi ekonomi global masih belum membaik, namun bisnis kita tetap meningkat."kata Reny.

Saat ditanya soal Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Reny menjelaskan, IWAPI Kota Surabaya bertekad melangkah maju dalam pemanfaatan teknologi dalam rangka membuka akses baik pemerintah kota maupun pihak swasta  untuk bersinergi dalam mengembangkan produk-produk khas Surabaya untuk bisa menembus lebih banyak lagi di pasar internasional.

"IWAPI Kota Surabaya ingin mewujudkan wanita yang cerdas, mandiri, kreatif dan bertanggujawab dibidang usaha dalam menghadapi MEA. Yang pasti Pemkot Surabaya harus membantu untuk membesarkan para usahawan wanita ini baik skala nasional, maupun internasional agar produk yang dijual bisa menembus pasar luar negeri lebih luas lagi."ungkapnya. (pan) 


Post a Comment