Ads (728x90)


SURABAYA (Mediabidik) – Tidak sia-sia BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa membentuk para kader, yang tergabung dalam Badan Kewirausahaan Masyarakat (BKM) untuk mencari peserta baru guna menggenjot angka kepesertaan, khususnya di sektor informal atau pekerja bukan penerima upah (BPU). 

Sebagai ujung tombak dan motor penggerak, para kader binaan BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa terus gencar melakukan aksi sosial kepada masyarakat, khususnya pekerja informal. Kegiatan ini sekaligus mensosialisasikan manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Terbukti pada Rabu (21/12/2016), bertempat di Mall BG Junction, kader penggerak BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa Kecamatan Bubutan menggelar aksi sosial donor darah. Aksi yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya ini digelar dalam rangka Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN).

Hadir dalam aksi sosial tersebut, Camat Bubutan Nono Indriatno, Kapolsek Bubutan AKP Ferra, Danramil Bubutan Sukimun, anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya Budi Leksono, dan Kakacab BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa Heru Prayitno, serta beberapa Lurah kecamatan setempat.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bubutan, Eko Wicaksono mengatakan, donor darah ini diikuti 100 orang. "Kami menargetkan sampai 150 peserta," ungkap Eko sembari menambahkan bahwa 100 pendonor darah ini dipastikan menjadi peserta baru BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa sektor BPU. 

"Jadi dengan tambahan 100 orang peserta donor darah ini, berarti di wilayah Kecamatan Bubutan total terdapat 400 pekerja informal sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa," tutur Eko.

Eko juga menjelaskan nilai iurannya yang sangat ringan, cuma Rp16.800,-/bulan, tapi manfaatnya sangat besar, dimana bila pekerja mengalami kecelakaan kerja seluruh bea pengobatannya akan ditanggung BPJS Ketenagakerjaan, dan bila pekerja meninggal dunia ahli warisnya akan mendapat santunan Rp 24 juta.

Sedangkan Nono Indriatno mengaku sangat mengapresiasi kolaborasi antara TKSD dan PMI serta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa, sehingga acara donor darah sekaligus pemberian perlindungan jaminan sosial ini terlaksana.

Heru Prayitno menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu cara yang ditempuh Kader Penggerak dalam mengupayakan perlindungan jaminan sosial bagi pekerja di wilayah kecamatan Bubutan.

"Para Kader Penggerak tersebut tersebar di Surabaya, dan tugasnya membantu percepatan perluasan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Seperti juga yang dilakukan Kader Penggerak Kecamatan Krembangan dengan mendirikan Kampung Percontohan Sadar BPJS Ketenagakerjaan di Kelurahan Dupak. (haria)

Teks Foto: Kakacab BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa (berdiri nomor 2 dari kiri) bersama Muspika Bubutan saat meninjau pelaksanaan donor darah yang digelar Kader Penggerak. 

Post a Comment