Ads (728x90)


SURABAYA (Media Bidik) - Puncak peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-723 tahun tidak hanya dimeriahkan dengan kegiatan seremonial, festival maupun pawai. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga punya agenda peduli lingkungan. Ya, jelang acara puncak HJKS yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2016, Pemkot Surabaya menggelar kegiatan kerja bakti massal di sepanjang Kali Mas, Jumat (27/5) pagi.

Kepala Bagian Pemeritahan dan Otonmi Daerah Kota Surabaya Eddi Cristijanto mengatakan, kerja bakti massal tersebut melibatkan lebih dari enam ribu personil. Personel tersebut terdiri dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berjumlah 4501 orang. Kerja bakti massal ini ternyata juga diikuti oleh personil yang berasal dari jajaran samping seperti TNI, dan Polri. Sehingga total personil yang terlibat dalam kerja bakti ini mencapai 6541 orang.

"Kegiatan kerja bakti massal ini dilaksanakan mulai Jembatan Petekan hingga di bawah tol Gunung Sari. Ini lokasinya terpanjang. Karena itu, ribuan peserta akan dibagi menjadi beberapa spot. Ada 15 zona. Fokusnya adalah membersihkan sungai baik sisi dalam maupun sempadan," tegas Eddy dalam jumpa pers di Bagian Humas, Kamis (26/5).

Menurut Eddy, Pemkot Surabaya sebenarnya sudah seringkali menggelar kegiatan kerja bakti bersih-bersih sungai. Namun, untuk kerja bakti massal yang melibatkan ribuan orang, ini adalah yang ketiga kalinya. Pemkot mengerahkan 20 truk Dinas PU Bina Marga, delapan perahu karet dan tiga eskavator. "Kerja bakti massal ini juga disupport beberapa pengusaha. Seperti untuk pengadaan 15 ribu karung, 300 alat keruk dan juga sarung tangan," sambung dia.

Eddy juga menyebut ada beberapa spot yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Diantaranya di area Pasar keputran sisi utara dan selatan plus sisi sungai dan bantaran sungai, kemudian dari jembatan bat sampai ke jasa tirta, Terminal wonokromo sampai ke rolag, dan yang terakhir rolag sampai ke arah jembatan gunung sari.

Kabag Humas Pemkot Surabaya, Muhammad Fikser menambahkan, bahwa kegiatan kerja bakti masal ini tidak hanya untuk memeriahkan HJKS. Tetapi, hasilnya juga untuk mendukung persiapan Kota Surabaya dalam menyambut Prepcom UN Habitat 2016 yang digelar akhir Juli nanti. "Harapan kami, warga yang tinggal di sekitar Kali Mas, juga bisa ikut ambil peran untuk membersihkan Kali Mas," ujarnya.(pan)


Post a Comment