Skip to main content

Garda Bangsa Jatim Gelar Lomba Kitab Kuning

SURABAYA (Mediabidik) – Garda Bangsa menggelar lomba musabaqoh Kitab Kuning secara nasional di seluruh Indonesia oleh GKD Garda Bangsa, adapun lomba diadakan secara estafet dimulai awal bulan maret hingga selesai dan kegiatan tersebut mendapat antusias penuh kegembiraan oleh para santri .Sedangkan di Jawa Timur sendiri babak penyisihan Musabaqoh Kitab Kuning baru akan dimulai pada tanggal 2 April 2017 yang bertempat di 22 kota/kabupaten se-Jawa Timur. 
       
Ketua Dewan Koordinasi Wilayah (DKW) Garda Bangsa Jatim H. Kabil Mubarok mengatakan, lomba Musabaqoh Kitab Kuning PKB yang digelar Garda Bangsa ini merupakan kegiatan rutin yang digelar untuk meningkatkan kemampuan para santri dan anak muda terhadap penguasaan khazanah Islam yang ramah dan anti radikalisme.
    
Ditegaskan Kabil, melalui Musabaqoh Kitab Kuning ini, peserta diajarkan adab atau akhlak yang baik. Jadi mereka tidak hanya dibekali pengetahuan, namun juga perilaku yang baik.

Selain menyelenggarakan babak Penyisihan, semifinal dan final, Garda Bangsa juga mengadakan Halaqoh dan seminar Kitab Kuning Goes to Campus yang bertujuan mendekatkan anak-anak muda dengan literasi Kitab Kuning yang terbukti dapat menghadirkan solusi atas problem-problem bangsa.

"Kitab yang dilombakan pada babak penyisihan ini adalah Kitab Fathuri Qori dan Nadhom Imrithi. Kitab Nadhom Imrithi merupakan matan Kitab Jurumiyah, Kitab Nahwu yang dirubah menjadi bentuk nadhom/syair. Pengarangnya Al Muallamah Syech Syarifudin," terang Kabil yang juga Anggota DPRD Jatim saat ditemui di ruang kerjannya, Minggu (2/4)
      
Untuk diketahui, Imbuh Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim ini bahwa acara diawali dengan babak penyisihan yang akan digelar di beberapa lokasi, yakni Kota Kediri bertempat di PP. Lirboyo pada hari Senin,10 April 2017. 

Sementara di halaman Kantor DPC PKB Bangkalan, Kabupaten Bangkalan diadakan pada, Jumat, 14 April 2017. Untuk Kabupaten Nganjuk bertempat di kantor DPC PKB Kabupaten Nganjuk (Graha Gus Dur) pada Selasa, 4 Apri 2017, Kabupaten Gresik bertempat di Aula PCNU Gresik pada Jumat, 14 April 2017. Kabupaten Lumajang, bertempat di Ponpes Darun Najah Petahunan Lumajang pada, Rabu, 12 April 2017, dan kabupaten Jember bertempat di PP Nurul Falah Kecamatan Jenggawah pada Sabtu, 8-9 April 2017.
       
Sementara itu Ketua DPW PKB Jatim, Halim Iskandar, menambahkan, sejarah telah mencatat bahwa Kitab Kuning, pesantren dan para santri adalah simbol perlawanan terhadap kolonialisme Belanda.
        
"Di Jawa Timur kontruksi berpikir para santri dan pesantren, Kitab Kuning masih menjadi landasan utama terhadap lahir dan tumbuh kembangnya Islam Nusantara yang ramah dan toleran serta dijadikan landasan dalam memupuk jiwa nasionalisme para santri. Inilah arti penting Musabaqoh Kitab Kuning PKB ini digelar," pungkas Pak halim yang akan maju Pilgub Jatim .(rofik)


Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni