Skip to main content

Naikan Anggaran, Tahun Ini DSDABM Fokus Atasi Genangan di Surabaya Utara dan Timur

Mediabidik.Com - Permasalahan genangan di kota Surabaya sampai saat ini belum juga tuntas. Meski tahun lalu 56 titik proyek penanganan banjir dan pembuatan rumah pompa digarap, namun beberapa kawasan lainnya masih membutuhkan sentuhan agar genangan tidak lagi menjadi momok di jalanan maupun di pemukiman. Seperti yang tejadi Rabu (25/1/2023) kemarin, meski curah hujan tinggi namun setidaknya air hujan bisa lancar ke saluran, tanpa meluap ke jalan. 

Tahun ini Pemkot Surabaya akan kembali menggarap proyek drainase hingga pembuatan rumah pompa baru. Anggaran pun sudah dinaikan dari tahun 2002 sebesar Rp 541 miliar menjadi Rp 867 miliar. Kabid Pematusan DSDABM Surabaya, Eko Juli Prasetyo mengatakan proyek penanggulangan banjir masih dalam tahap lelang. Ia menyebut pengerjaan tahun ini tidak banyak berbeda dengan tahun lalu.  Ada pembangunan rumah pompa baru maupun perbaikan saluran sekunder, tersier di jalan arteri. 

"Ya titiknya (pengerjaan) masih kami hitung juga. Yang jelas ada tambahan rumah pompa baru seperti di Undaan, MERR Tambak Sumur, hingga ke perbatasan Surabaya-Sidoarjo tepatnya di Simowau Pagesangan. Ada juga pembuatan drainase perkotaan juga,"kata Eko, Jumat (27/1/2023).

Ia juga menyebut pengerjaan tersebut dilakukan secara bertahap tidak bisa semua, karena disesuaikan dengan kemampuan anggaran. "Ya, kalau tahun lalu kami fokus di Surabaya pusat dan Selatan, sekarang ke sisi Surabaya Utara juga dan Timur juga,"terangnya.

Pengerjaan proyek penanganan banjir di tahun lalu, menurutnya berdampak yang signifikan pada kawasan yang rutin tergenang. Seperti Jalan Semarang dan Pahlawan yang dulu tergenang sekarang sudah tidak lagi. Karena sudah ada perbaikan saluran dan rumah pompa Pahlawan yang sudah berfungsi. "Di  Jalan Semarang maupun Pahlawan yang biasanya ada genangan kemarin saat hujan lebat sudah tidak. Tapi tahun ini kami akan buat lagi salurannya agar terkonek yang ke daerah Koblen biar makin lancar,"ungkapnya.

Bahkan rumah pompa Pahlawan, SWK Karah maupun LPK Kebonsari yang sudah digarap tahun lalu, disebut Eko sudah berfungsi semua. "Kalau itu sudah berfungsi semua. Pompanya sudah ada dan berfungsi,"imbuhnya.  

Terkait dengan genangan yang terjadi dua hari lalu seperti di Jalan Raya Sememi, Tanjungsari, Asemrowo, Simo Baru Barat, Klampis maupun Margomulyo tergenang, menurutnya karena curah hujan yang tinggi dan debit air tidak bisa tertampung sehingga meluber. "Jadi genangan yang tersebar kemarin karena disebabkan saluran sekunder dan primer juga tersier yang ada di spot pemukiman. Curah hujan dan debit airnya mencapai 59,8 milimeter,"ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Komisi C DPRD Surabaya, Agoeng Prasodjo, meminta DSDABM  untuk menuntaskan persoalan genangan. Terutama memperlebar saluran air atau selokan yang masih kurang memuat debit air saat hujan.
"Kalau misalnya di  kawasan Tanjungsari memang salurannya perlu dilebarkan. Kalau hujan mesti gak nampung airnya. Karena jalan air menuju ke laut. Selain itu harus dipasang pintu air juga agar bisa mengontrol debit air,"kata  Agoeng.

Tak hanya di situ saja di tempat lain, menurut Agoeng juga perlu pelebaran saluran. Selain itu menurutnya perlu perencanaan rencana detail tata ruang diperhatikan dalam pembangunan ke depannya. Karena kontur tanah di Surabaya semakin tahun mengalami penurunan karena resapan air yang kurang ditambah bertambahnya populasi. 

"Jadi harus dihitung. ketika pembuatan elevansi saluran. Tentu harus terkoneksi antara satu tempat ke tempat yang lainnya sehingga bisa meminimalisir genangan,"ujarnya. (red) 

Teks foto : Rumah pompa jalan Kebonsari Elveka yang sudah beroperasi. 

Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni