Skip to main content

Bus Trans Semanggi Suroboyo Sementara akan Isi Kekosongan Rute Bus Listrik

Mediabidik.Com - Sudah dua minggu bus listrik Trans Semanggi Suroboyo tak kunjung beroperasi. Hingga rute Middle East Ring Road (MERR) Gunung Anyar hingga Kenjeran Park (Kenpark) kosong. Namun, rute yang kosong itu sementara akan dimanfaatkan oleh Trans Semanggi Suroboyo. Rencananya akan dimulai minggu depan.

Solusi pengisian rute yang ditinggalkan bus listrik itu menurut Kasi Angkutan Jalan dan Penumpang Dishub Surabaya, Ali Mustofa merupakan hasil audiensi yang dilakukan Jumat (13/1) pagi di Kantor Dishub Surabaya oleh perwakilan masyarakat pengguna transportasi umum, Damri selaku operator bus listrik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan institusi yang berkepentingan. 

"Dari hasil mencari titik temu, Kemenhub akan mengupayakan maksimal 5 unit bus Trans Semanggi Suroboyo yang sebelumnya mengisi koridor 2 untuk diperbantukan di koridor 3 atau rute bus listrik yang saat ini kosong,"kata Ali, Sabtu (14/1/23). 

Meskipun secara headway (jarak antar keberangkatan) kurang bagus, namun tetap diupayakan layanan transportasi bisa optimal. Untuk memenuhi kepentingan masyarakat di koridor 3. "Hari ini (Jumat) sudah dilakukan survei terkait jarak waktu tempuh dan jumlah halte,"ujarnya. Rencananya pengisian rute dengan Trans Semanggi itu menurut Ali sampai dengan bus listrik rampung dalam evaluasi maupun pembaruan kontrak. 

Sebelumnya bus Trans Semanggi Suroboyo itu melayani koridor 2 yakni Lidah Wetan hingga Kejawan Putih Tambak. "Ya dipindahkan sementara berdasarkan kajian. Karena selama ini koridor 2 terlalu banyak. Supaya tidak menanggung headway. Kalau banyak akan terganggu (headway),"terangnya.

Meski menggunakan Trans Semanggi Suroboyo untuk mengisi koridor 3, tarif penumpang akan sama yakni Rp 6.200. Pihaknya akan melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait layanan Trans Semanggi Suroboyo di koridor 3. "Kalau ada feedback hasil survei. Paling lambat kalau gak Senin ya Rabu. Tergantung juga keputusan Kemenhub. Dan segera kami informasikan di masing-masing halte di koridor 3,"tutur Ali.

Terkait bus listrik Ali mengaku sampai saat ini masih dilakukan eveluasi. Rencananya paling lambat awal Februari bus listrik bisa beroperasi. "Sampai saat ini masih dilakukan eveluasi mulai dari operatornya, produknya,  kecepatan charger hingga kapasitas baterai. Kami belum bisa pastikan kapan beroperasi kembali, mudahan awal Februari bisa jalan lagi (bus listrik),"ujarnya.

Trans Semanggi Suroboyo selama ini dioperatori oleh PT Seduluran Bus Suroboyo (SBS). Sedangkan bus listrik yang menjadi operator adalaha Damri. Rute yang digunakan bus listrik saat ini sebelumnya menjadi rute Suroboyo Bus.

Sementara itu anggota komisi C DPRD Surabaya William Wirakusuma sepakat dengan rencana pengisian rute koridor 3 dengan Trans Semanggi Suroboyo. Menurutnya langkah tersebut tepat untuk melayani penumpang. "Asalkan tidak menganggu koridor lamanya (korido 2) Trans Semanggi Suroboyo beroperasi di koridor 3. Saya sepakat saja karena banyak yang menunggu kejelasan layanan ketika bus listrik tidak beroperasi,"kata William.

William juga meminta secepatnya pengganti bus listrik beroperasi. Karena di kawasan tersebut banyak kampus, pusat perbelanjaan hingga instansi. Sehingga masyarakat bisa terlayani. "Kalau bisa ya besok sudah ada unitnya yang di koridor 3,"tegas politisi PSI itu.

Ia juga meminta apabila sampai dengan bulan depan tidak ada kepastian dari Kemenhub dan Damri sebagai operator bus listrik, maka sudah sepatutnya operator bus listrik dialihkan ke Suroboyo Bus yang sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). "Saya rasa Suroboyo Bus tepat sebagai operator bus listrik menggantikan Damri,"ujarnya.(red) 

Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni