Skip to main content

Apabila Ada Anggota Dewan Berstatus Tersangka, KPU Serahkan ke Mendagri

SURABAYA (Mediabidik) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menyerahkan kewenangan pelantikan anggota DPRD kota Surabaya terpilih ke Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), apabila tersangkut masalah hukum dan berstatus tersangka.

Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan, bahwa soal pelantikan kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam hal ini gubernur, tetapi memang di persyaratan itu kalau status calon anggota dewan ditetapkan menjadi tersangka, maka ditunda pengusulan nama pelantikan.

"Tapi sejauh ini, 50 nama yang kita tetapkan tadi. Tidak ada satu pun nama yang ditetapkan jadi tersangka." terang Nur Syamsi usai mengelar rapat pleno terbuka di Hotel Novotel Surabaya, Selasa (13/8/2019).

Ketua KPU Surabaya memastikan bahwa besok KPU Surabaya akan menyampaikan nama-nama anggota DPRD terpilih ke gubernur melalui walikota.

"Nah, apabila besoknya lagi tersangka. Itu kewenangannya kementerian dalam negeri." jelasnya.

Lebih lanjut Nur Syamsi menegaskan, "Tugas kami adalah menyampaikan nama nama yang terpilih kepada gubernur melalui walikota beserta kelengkapannya." pungkasnya. (pan)

Foto : Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi

Comments

Popular posts from this blog

Komisi B Minta Pemprov serius sosialisasi dana pinjaman untuk pelaku UMKM

SURABAYA ( Media Bidik) - Jatim sangat apresiasi terhadap Pemprov yang mempunyai program membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatim dengan menggelontorkan dana sebesar 400 Miliar di Bank UMKM guna memberikan bantuan kredit lunak kepada para pelaku UMKM di Jatim. Namun Chusainuddin,S.Sos Anggota Komisi B yang menangani tentang Perekonomian menilai Pemerintah provinsi masih kurang serius memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutrama pelaku UMKM yang sebenarnya ada dana pinjaman lunak untuk mereka. " Ketika saya menjalankan Reses di Blitar,Kediri dan Tulungagung , banyak masyarakat sana tak mengetahui ada dana pinjaman lunak di Bank UMKM untuk para pelaku UMKM, karena sebenarnya jika Pemprov serius memberikan sosialisasi sampai ke tingkat desa,maka saya yakin masyarakat sangat senang sekali," ucap pria yang akrab dipanggil Gus Udin tersebut. Apalagi menyambut MEA, seharusnya pelaku UMKM sudah mengerti kalau ada dana pinjaman unt

Hari Pahlawan 10 November

Ucapan HUT Partai NasDem ke 10