Ads (728x90)

Mediabidik.com - Selain bertugas melakukan pemadaman dan pencegahan kebakaran yang ada di kota Surabaya. Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) kota Surabaya juga menyiapkan pasukan khusus tim Orong Orong yang bekerja empat shift dan satu shiftnya terdiri dari 12 orang, yang bertugas untuk menangani segala keluhan dari masyarakat yang masuk melalui call center 112.

Dedi Irianto Kepala Dinas Damkar kota Surabaya menuturkan, kita punya pasukan khusus pasukan orong orong, bekerja empat shift dan satu shiftnya terdiri dari 12 orang.

"Termasuk resceu dia itu (tim orong orong-red), termasuk mobil kecebur, kecelakaan, menangkap ular, dilaut, darat dan udara. Kalau di angkatan laut, itu Kopaska nya," tutur Dedi, Senin (9/12/2019).

Selain pasukan Orong Orong, Dedi menambahkan, kita juga ada 12 unit pemadam berupa sepeda motor, Walang Kadong dan Walang Kekek. Walang Kadong 5 unit dan Walang Kekek 7 unit.

"Tujuannya untuk jalan jalan kecil, selain untuk penolong pertama P3K nya, juga memberi gambaran ke posko. Apinya ini double red apa triple red dan sebagainya. Kalau triple red, siap siap yang lain harus mendukung," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menerangkan, selain itu dia (Walang Kadong, Walang Kekek-red) mempunyai tugas tiap hari keliling melakukan pemetaan, kalau dijalani ini, unit harus lewat mana. 

"Kalau lewat sini terhalang gapura, kalau lewat sini terhalang polisi tidur. Kalau lewat sini banyak kendaraan parkir dan sebagainya, "paparnya.

"Termasuk juga memetakan, kalau mobil besar ngak semua jalan bisa masuk, harus lewat jalan ini. Karena kalau lewat jalan ini, ada kabel nglewer dan sebagainya, selain itu kita juga kordinasi dengan tim utilitas kita juga memetakan sebaikny lewat mana, "pungkasnya. (pan)

Foto : Gambar 6 unit pemadam Walang Kadong dan Walang Kekek.

Post a comment