Skip to main content

Perda PPA Sudah Rampung, Pansus Berharap Surabaya Menjadi Kota Layak Anak

Mediabidik.Com - Pansus Raperda tentang perubahan atas Perda Nomor 6 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak di Surabaya telah rampung. Ada 26 pasal dalam Perda baru itu. 

Ketua Pansus Raperda Penyelenggaraan Perlindungan Anak, Tjujuk Supariono mengatakan dengan Perda yang baru itu telah sempurna sehingga Surabaya sebagai kota besar bisa melindungi hak-hak anak. Mulai dari perlindungan hukum anak-anak sebagai korban pelecehan seksual, kekerasan seksual, maupun perlindungan pekerjaan anak serta memberikan akses dan kesempatan anak dalam berkembang maupun tumbuh di Surabaya.

"Jadi poinnya adalah Surabaya sebagai kota layak anak (KLA) hal itu yang tertuang di dalam pasal 17,18, dan 19. Tak hanya itu dalam Perda itu juga ada UPTD PPA yang merupakan unit pelaksana teknis daerah yang dibentuk pemerintah daerah dalam memberikan layanan bagi perempuan dan anak yang mengalami kekerasan, diskriminasi, perlindungan khusus, dan masalah lainnya,"kata Tjujuk, Senin (27/2/23).

Dengan adanya Perda yang baru itu, pihaknya mewanti-wanti agar tidak ada lagi anak Surabaya yang bekerja di jalan seperti mengamen maupun meminta-minta. Karena semua sudah diakomodir oleh Pemkot Surabaya , misalnya mengekpresikan minat dan bakat maupun pekerjaan. "Jadi kami mewanti-wanti kepada Satpol PP karena banyak sampai saat ini yang turun ke jalan. Kami berharap bisa ditekan. Karena dengan Perda ini kita ingin Surabaya rama terhadap anak dan mendapatkan perlindungan,"tegasnya.

Nantinya juga di setiap kelurahan dan kecamatan di Surabaya ada baby day care atau penitipan bayi yang akan tertuang di dalam Perwali. "Jadi nantinya ada penitipan bayi atau anak di setiap kelurahan dan kecamatan yang nantinya di tuangkan dalam Perwali,"imbuhnya.

Dalam pembahasan Raperda ini Tjujuk mengaku tidak ada perubahan yang terlalu banyak, bahkan tidak sampai 50 persen. "Jadi tidak melebih dari  undang-undang. Yang kami tegaskan disini penyebaran yang ada di tiga pasal itu karena berkaitan langsung dengan Surabaya sebagai kota layak anak,"jelasnya. 

Meski menurut Tjujuk rotasinya Kepala Dinas sebelumnya membuat tanda tanya akan keseriusan Surabaya sebagai kota layak anak yang dituangkan dalam Perda baru itu. "Dan alhamdulilah sudah clear. Tinggal kami minta ke Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Surabaya untuk diparipurnakan dan segera dibawa ke Gubernur,"ujarnya.

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Nanik Sukristina mengatakan Raperda ini ditunggu oleh semua pihak. Oleh karena itu pihaknya terus berupaya untuk mengoalkan Perda baru ini untuk segera disahkan karena berkaitan dengan payung hukum yang menjadi landasan kerja pihaknya atau OPD lainnya.

"Alhamdulillah sudah rampung, karena Perda ini sangat penting berkaitan dengan kota layak anak. Ke depan Surabaya bisa menjadi kota layak anak nasional maupun dunia,"kata Nanik.

Pihaknya juga membuat forum anak di tingkat kecamatan maupun kelurahan. Ia menyebut hampir semua sudah terbentuk dan tinggal beberapa saja yang belum, oleh karena itu ia terus mengepush kecamata atau kelurahan yang belum membentuk forum anak. "Forum anak sudah ada, di semua kecamatan dan kelurahan sudah terbentuk dan SKnya di kirim ke kami. Nantinya forum itu akan memawadai aspirasi anak-anak,"ujarnya. (red) 

Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni