Skip to main content

Perluas Area Parkir Stadion GBT, Pemkot Surabaya Dapat Bantuan Dana Hibah Rp 18 M Dari Provinsi

Mediabidik.com – Untuk memperluas fasilitas parkir kendaraan di stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Pemkot Surabaya mendapat bantuan dana hibah sebesar Rp 18 miliar dari pemerintah provinsi Jatim. 

Dana tersebut digunakan untuk memperluas area parkir, terutama jelang piala dunia U-20 dimana Stadion GBT merupakan salah satu venue event sepak bola dunia tersebut.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya, Iman Krestian mengatakan, pembangunan area parkir senilai Rp18 miliar dari dana hibah Pemprov Jatim untuk stadion GBT.

"Dana masuk ke kas Pemkot Surabaya tepat di Hari Pahlawan tanggal 10 November 2022, dan langsung kita lelang untuk proyek lahan parkir Stadion GBT," ujarnya di Surabaya, Selasa (06/12/22).

Iman menambahkan, pengumuman lelang pada hari Jumat lalu tanggal 02 Desember, dan langsung mulai dikerjakan Senin tanggal 05 Desember 2022.

Ia menjelaskan, pekerjaan lahan parkir Stadion GBT hanya pengurugan tanah, diantara lapangan tempat latihan dan lapangan utama stadion GBT. 

"Luas lahan parkir 2,6 hektar, dengan urugan material limestone dan sirtu," terangnya.

Iman menerangkan, pekerjaan pengurugan lahan parkir Stadion GBT masuk dalam pekerjaan di akhir tahun ini, sebelumnya ada pekerjaan dengan anggaran Rp5 miliar juga untuk parkir, serta ada tambahan buat pagar stadion dengan anggaran Rp12 miliar.

"Jadi total yang dikerjakan DPRKPP untuk Stadion GBT tahun ini mencapai sekitar Rp30 miliar, belum dari Dinas Pekerjaan Umum yang mengerjakan paving disekitar stadion," jelas Iman.

Dirinya kembali mengatakan, untuk pengerjaan pengurugan lahan parkir Stadion GBT ditargetkan 21 hari selesai. Itu artinya tanggal 26 Desember 2022 pengerjaan lahan parkir harus sudah kelar. 

Karena, kata Iman, pada bulan Mei 2023 sudah mulai persiapan event piala dunia U-23, dipastikan spare waktu kurang lebih enam bulan sebelum pertandingan dimulai itu tidak ada lagi pekerjaan besar di area Stadion GBT.

"Jadi enam bulan sebelum piala dunia U-23, Stadion GBT harus steril," tutur Iman.

Ia kembali menjelaskan, selama proyek penataan Stadion GBT untuk venue piala dunia U-23, Pemkot Surabaya hanya mengerjakan area luar stadion. Sementara untuk dalam stadion seperti rumput lapangan, itu dikerjakan langsung oleh Kementerian PUPR.

"Parimeter Stadion GBT dikerjakan Kementerian PUPR, dan mulai digarap awal tahun 2023 atau awal Januari," pungkasnya. (red)

Teks foto : Stadion Gelora Bung Tomo. 

Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni