Skip to main content

478 Calon PPK Ikuti Tahapan Wawancara Diminta Hadir Sesuai Jadwal

Mediabidik.com – Sebanyak 478 orang calon anggota PPK Pemilu 2024, diudang untuk menjalani tahapan wawancara di aula lantai 2 kantor KPU Kota Surabaya. Ratusan orang tersebut merupakan peserta yang sudah dinyatakan lolos dalam tahapan sebelumnya yakni dalam seleksi tertulis dengan basis komputer (CAT). 

Tahapan wawancara sendiri berlangsung selama tiga hari, sejak 11 – 13 Desember akan datang. Mereka akan ditanyakan materi wawancara yang di antaranya meliputi pengetahuan kepemiluan, komitmen yang mencakup integritas, independe dan profesionalitas, serta rekam jejak calon anggota PPK.

"Terhadap para calon PPK. Kami juga melakukan klarfikasi atas masukan dan tanggapan masyarakat, yang sudah dimulai sejak 2 - 10 Desember lalu," ujar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Surabaya, Subairi, Senin (12/12/2022).

Pria yang akrab dipanggil Bairi ini menyampaikan, dalam tahapan wawancara sendiri akan berlangsung selama 3 hari. Sehingga, seluruh peserta yang berasal dari Kecamatan, dijadwal secara detail agar tidak terjadi penumpukan. Terlebih jumlah calon yang wawancara, yang masing-masing kecamatan minimal sampai 15 orang.

Dalam proses wawancara PPK Pemilu 2024 sendiri, juga dapat menerapkan sistem yang menggunakan perangkat teknologi informasi. Artinya, para peserta yang sedang berhalangan seperti sedang melahirkan dan izin karena sakit atau ada keluarga meninggal, bisa dilakukan wawancara melalui dalam jaringan (daring).

'Tentu dengan batas waktu yang sudah ditentukan, yakni selama tiga hari. Bisa dilakukan wawancara menggunak teknologi informasi secara daring," urainya.

Dalam penggunaan perangkat teknologi informasi selama tahapan wawancara, menurut Bairi, lebih pada menjamin asaz yang efektif, efesien serta keterbukaan dalam pelaksanaanya. Peserta yang memang berhalangan, diminta untuk segera menyampaikan ke kantor KPU Kota Surabaya agar bisa diproses lebih lanjut oleh helpdesk.

"Kami juga bisa melakukan wawancara lewat video call atau zoom. Itupuns selama peserta memang benar-benar berhalangan," urainya.

Perlu diketahui sebelum tahap wawancara. Proses seleksi PPK Pemilu 2024 mengikuti seleksi tertulis dengan basis CAT, yang digelar di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Tes CAT sendiri berlangsung selama 3 hari, mulai 5 – 7 Desember lalu. 

Adapun yang ikut seleksi tertulis CAT sebanyak 857 orang, dari jumlah pendaftar lulus administrasi yang lewat aplikasi SIAKBA sebanyak 975 orang. Sedangkan yang tidak mengikuti seleksi tertulis CAT sebanyak 123 orang. 

Hasilnya, ada sebanyak 478 orang lulus CAT dan sisanya 357 orang dinyatakan tidak lulus tes tertulis CAT dan tidak bisa mengikuti tahap berikutnya. "Nah, saat ini sedang berlangsung tahapan wawancara. Bagi peserta yang mengikuti tahapan wawancara agar memperhatikan jadwal yang sudah ada," pungkasnya. (red)

Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni