Skip to main content

Dukung Program Posyandu Prima, Dinkes Surabaya Renovasi Semua Pustu

Mediabidik.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Surabaya saat ini melakukan renovasi total bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) Sumberejo kelurahan Sumberejo kecamatan Pakal. Renovasi tersebut bertujuan untuk memecah antrian pasien dari puskesmas Benowo ke pustu Sumberejo, sekaligus guna menunjang kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) prima yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI. 

"Tujuan renovasi puskesmas pembantu (Pustu) untuk memecah antrian pasien dari puskesmas Benowo bisa terpecah di Pustu Sumberejo. Nanti pustu Sumberejo kita fungsikan dan kita optimalkan sesuai arahan Kementerian Kesehatan untuk program Posyandu Prima. Jadi masyarakat tidak harus di Puskesmas, di pustu pun harus siap melayani, " terang Toladan Mitro kordinator Satgas Dinas Kesehatan kota Surabaya, kepada BIDIK, Kamis (22/9/2022). 

Untuk saat ini, kata Mitro sudah ada,,empat pustu dan lima ini (Pustu Sumberejo) yang sudah direnovasi dan bisa beroperasi diantaranya, pertama pustu Jambangan, Pagesangan, Kandangan, Pakal dan lima Sumberejo ini, intinya untuk menunjang program Posyandu prima. 

"Kedepannya seluruh pustu akan diperbaiki, totalnya ada sekitar 150 an pustu yang terdapat di tiap-tiap kelurahan yang ada di kota Surabaya dan baru terealisasi 5 ini. Di tahun depan akan mulai lagi, nanti akan kita tambah lagi perbaikan 5 pustu sampai akhir Desember, jadi total ada 10 pustu untuk tahun ini. Untuk pengerjaannya sementara kita optimalkan dari Satgas Dinkes." kata Mitro. 

Terkait anggaran perbaikan, Mitro menjelaskan, kedepannya untuk tahun 2023 kita ngak mungkin merenovasi semua, tapi secara bertahap. Kemungkinan tahun depan kita renovasi sekitar 20 sampai 25 Pustu. 

"Dan anggarannya untuk renovasi 25 Pustu Rp 5 miliar. Selain puskesmas pembantu (Pustu), sesuai arahan Walikota untuk ruang Puskesmas dibuat bagus dan nyaman, seperti di ruang tunggu Bank-bank dan akan direalisasikan tahun depan." pungkasnya. (red) 

Teks foto : Toladan Mitro Kordinator Satgas Dinkes Surabaya saat sidak di Pustu Sumberejo Pakal. 

Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni