Skip to main content

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan



JAKARTA - Sejak beberapa tahun lalu, air kelapa memenuhi rak-rak penjualan minuman di banyak swalayan. Menurut para ahli nutrisi, air kelapa mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh.

Minuman yang berasal dari kelapa muda hijau ini kaya akan potasium dan antikosidan. Dibanding minuman soda atau minuman olahraga lainnya, air kelapa relatif lebih rendah kalori dan gula.

Meski demikian, para ahli mengatakan tak seharusnya air kelapa mengganti fungsi air putih sebagai sumber utama jika kita kekurangan cairan.

"Air kelapa adalah pilihan minuman lain yang memang menawarkan sejumlah manfaat nutrisi," kata Allison Massey, ahli diet di Mercy Medical Center di Baltimore, seperti dikutip situs LiveScience edisi 17 Juni 2014.

Misalnya, ujar dia, air kelapa merupakan sumber potasium serta sedikit sodium, magnesium, kalsium, dan fosfor.

Meski demikian, para ahli mengingatkan bahwa air putih biasa seharusnya tetap menjadi sumber untuk minum dan bisa dikombinasikan dengan air kelapa sebagai pilihan minuman tambahan dari waktu ke waktu.

"Secara umum, air putih seharusnya tetap menjadi minuman wajib jika kita merasa kehausan," ujar Massey.

Penelitian sebelumnya menunjukkan 12 ons air kelapa mengandung lebih banyak potasium ketimbang pisang. Air kelapa juga mengandung lebih banyak potasium dibanding minuman olahraga seperti yang beredar di pasar.

Jumlah 12 ons air kelapa mempunyai 690 mg potasium sementara 12 ounce minuman olahraga pengganti cairan tubuh mengandung 140 mg magnesium.

"Manfaat potasium membantu untuk mengurangi kram otot yang kemungkinan terjadi setelah olahraga," kata Chhandashri Bhattacharya, dosen kimia di Indiana University Southeast di New Albany, yang meneliti air kelapa.

Ketika merasa haus, air kelapa bisa menjadi pilihan bagus bagi sebagian orang, tapi tergantung jenis olahraga yang dilakukan. "Tergantung pada individu dan intensitasnya, juga lamanya aktivitas," tutur Massey.

Menurut Massey, air kelapa yang tidak diberi pemanis mengandung sekitar 40 kalori per 8,5 ons sajian. "Mempunyai 40 kalori dalam minuman bukan hal yang mustahil," kata Kristin Kirkpatrick, pakar diet di Cleveland Clinic.

Air kelapa hampir tidak mengandung lemak dan lima kali lebih baik dibanding soda regular yang mengandung lebih banyak kalori dan gula.

Namun baik Kirkpatrick maupun Massey mengingatkan bahwa air kelapa adalah sumber kalori yang mengandung 3.500 ekstra kalori yang memungkinkan kenaikan berat tubuh.

Menurut Kirkpatrick, mengkonsumsi air kelapa sebenarnya tidaklah begitu penting untuk kesehatan. Namun elektrolitnya kemungkinan bermanfaat, terutama saat tubuh berkeringat sangat banyak.(tempo)

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni