Skip to main content

Siapakah Bacakada Kota Surabaya Mendatang?

SURABAYAIMediabidik.Com - Pasca turunnya surat rekomendasi DPP PDI Perjuangan yang sudah menentukan nama-nama Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) se Indonesia yang akan bertarung di Pilkada serentak 2024 ini, cuma Kota Surabaya yang belum di rekomendasikan nama Cawali dan Cawawali.

Belum diputuskannya nama Cawali dan Cawawali Surabaya tentu mengundang banyak tafsir salah satunya, apakah pasangan Eri Cahyadi tetap akan direkom tanpa berpasangan dengan Armuji.

Direktur Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam menilai, bisa saja DPP PDI Perjuangan merekomendasikan Eri Cahyadi sebagai Cawali Surabaya minus Armuji. 

"Mengapa, banyak calon Wakil Walikota Surabaya yang berpotensi dampingi Eri Cahyadi. Jadi, sejatinya Pilwali Kota Surabaya tahun ini cuma mencari Cawawali bukan Cawali,"ujar Surokim Abdussalam, Minggu malam (02/06/2024).

Surokim menerangkan, nama Eri Cahyadi di mata publik Surabaya sudah sangat terkenal sehingga elektabilitasnya mencapai 46% lebih. Ia menjelaskan, dalam survei kemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji mendapat respon positif dari masyarakat. Hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) menunjukkan sebanyak 79,6% masyarakat puas terhadap kinerja Wali Kota Surabaya, sementara kepuasan terhadap kinerja Wakil Wali Kota sebanyak 73,3%.

Surokim menerangkan, Eri Cahyadi yang juga menjabat Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) periode 2023-2025 memiliki track record sebagai pemimpin Surabaya, sehingga berpotensi memiliki tiket sebagai Cawali dari PDI Perjuangan.
Mengenai baliho Eri Cahyadi tanpa Armuji, Surokim mengatakan, itu haknya Eri Cahyadi sebagai Walikota Surabaya saat ini. 

"Hanya saja, baliho tersebut dilihat dari sisi politis mengindikasikan Eri Cahyadi tanpa Armuji pun bisa memenangkan Pilkada Kota Surabaya," tegasnya.

Surokim kembali mengatakan, Pilkada Surabaya menjadi semakin riuh dan menarik karena calon-calon lain akan berhadapan dengan petahana, yaitu Eri Cahyadi yang masih menjadi Walikota Surabaya. 

Dengan masih menjadi Walikota, kata Surokim, sosialisasi maju Pilkada tidak sulit dilakukan ditengah-tengah masyarakat, ini sudah umum di mata publik. "Sekelas Pilpres saja selalu petahana atau incumbent yang menang, apalagi cuma Pilkada,"jelas Surokim.

Dirinya kembali menambahkan, calon kuat Eri Cahyadi di Pilkada Surabaya tidak dipasangkan dengan Armuji pun sudah pasti berpeluang menang. "Jadi yang menarik di Pilkada Surabaya tahun ini, justru yang jadi trending toppic adalah mencari pasangan Eri Cahyadi selain Armuji," pungkasnya. (red)

Comments

Popular posts from this blog

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63