Skip to main content

Peringati HSN 2021, Partai NasDem Gelar Beberapa Kegiatan


Mediabidik.com
– Rayakan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, DPW Partai NasDem Jawa Timur akan menggelar serangkaian acara dan berbagai perlombaan. Bahkan momen HSN juga akan digunakan pula untuk menggelar kembali seminar gelar Pahlawan Nasional untuk Syaikhona Cholil.

"Semoga kegiatan yang kita laksanakan dalam memperingati Hari Santri ini juga bisa menjadi pertimbangan untuk penetapan Syaikhona Cholil sebagai pahlawan," kata Ipong Muchlissoni, Ketua Satgas HSN 2021 DPW NasDem Jatim, Rabu (6/10/2021).

Ipong menjelaskan rangkaian kegiatan Hari Santri 2021, antara lain ada lomba cover sholawat, lomba desain busana muslimah, lomba santri menulis, lomba khitobah, lomba Quote Hari Santri dan lomba TikTok santri.

"Lomba-lomba dilaksanakan dari 6 hingga 16 Oktober," kata dia.

Selain itu ada pula serangkaian acara, antara lain sentra vaksinasi NasDem Peduli di puluhan ponpes yg ada di 12 kabupaten/kota di Jawa Timur.

"Kita telah melayani 90.000 dosis vaksin bagi santri dan masyarakat," ungkap Ipong.

Terkait gelaran seminar nasional "Gelar Pahlawan Nasional bagi Syaikhona Cholil, Guru Para Pahlawan" akan digelar pada 14 Oktober 2021. Serta seminar Santri-preunership pada tanggal 19 Oktober 2021.

Sedangkan pada puncaknya, 22 Oktober lanjut mantan Bupati Ponorogo ini, akan digelar Sholawat Nariyah bagi seluruh DPD kabupaten dan kota NasDem se-Jawa Timur. Ajang Happening Art Santri Merah Putih juga digelar oleh seluruh DPD NasDem.

"Sebagai puncak acara tanggal 22 Oktober bertepatan dengan Hari Santri kita menggelar Ngaji Kebangsaan bersama Gus Muwafiq," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPW Partai NasDem Jatim Bidang Media dan Komunikasi Publik, Vinsensius Awey mengatakan, rangkaian kegiatan HSN ini dilakukan oleh DPW NasDem Jatim sebagai wujud penghormatan NasDem terhadap peran santri dan ulama dalam perjuangan bangsa ini.

"Hari Santri Nasional ini merujuk pada satu peristiwa bersejarah, yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH. Hasyim Asy'ari pada tanggal 22 Oktober 1945. Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk jihad melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan," ujarnya.

menurut Awey, sapaan akrab Vinsensius Awey, bahwa Hari Santri Nasional tidak hanya merujuk pada kalangan  tertentu saja akan tetapi merujuk pada semua yang dalam tubuhnya mengalir darah merah-putih dan bernafaskan ideologi Pancasila,  sebagaimana Resolusi Jihad yang dilakukan oleh santri dan ulama bersatu serta berkorban untuk mempertahankan Indonesia dari penjajahan.

Dijelaskan Awey dalam peringatan HSN yang bertemakan  "Santri Siaga, Jiwa Raga" memiliki pesan yang cukup dalam bagi semua sebagai anak bangsa termasuk NasDem.

"NasDem akan selalu terpanggil siap siaga membela tanah air, mempertahankan persatuan kesatuan,  mengisi kemerdekaan dengan bergotong-royong mengangkat harkat hidup orang banyak, pembangunan SDM yang tangguh berintegritas, pengembangan ekonomi kerakyatan dan mewujudkan perdamaian dunia," pungkas anggota DPRD Kota Surabaya 2014-2019. (rofik)

Comments

Popular posts from this blog

Komisi B Minta Pemprov serius sosialisasi dana pinjaman untuk pelaku UMKM

SURABAYA ( Media Bidik) - Jatim sangat apresiasi terhadap Pemprov yang mempunyai program membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatim dengan menggelontorkan dana sebesar 400 Miliar di Bank UMKM guna memberikan bantuan kredit lunak kepada para pelaku UMKM di Jatim. Namun Chusainuddin,S.Sos Anggota Komisi B yang menangani tentang Perekonomian menilai Pemerintah provinsi masih kurang serius memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutrama pelaku UMKM yang sebenarnya ada dana pinjaman lunak untuk mereka. " Ketika saya menjalankan Reses di Blitar,Kediri dan Tulungagung , banyak masyarakat sana tak mengetahui ada dana pinjaman lunak di Bank UMKM untuk para pelaku UMKM, karena sebenarnya jika Pemprov serius memberikan sosialisasi sampai ke tingkat desa,maka saya yakin masyarakat sangat senang sekali," ucap pria yang akrab dipanggil Gus Udin tersebut. Apalagi menyambut MEA, seharusnya pelaku UMKM sudah mengerti kalau ada dana pinjaman unt

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

“NUUBON” Nugget Udang Rebon Kelurahan Sukolilo Baru, Hasil Karya Universitas Muhammadiyah Surabaya

SURABAYA - Pada tanggal 31 Juli 2022 tepatnya minggu kedua dari pelaksanaan KKN Universitas Muhammadiyah Surabaya tahun 2022, kelompok KKN Berdaya Sukolilo Baru telah berhasil melaksanakan program pelatihan dan pemberdayaan masyarakat berupa sosialisasi inovasi produk baru yaitu demo pembuatan "Nugget Udang Rebon". Kegiatan demo inovasi produk baru ini dilaksanakan di halaman Kelurahan Sukolilo Baru. Dalam kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi, dimana sesi pertama adalah sosialisasi produk dan demo masak nugget udang rebon dan sesi kedua adalah sosialisasi pemasaran produk secara online.  Proses pembuatan nugget udang rebon ini cukup mudah tetapi untuk mengelola udang rebon sendiri apalagi yang masih basah membutuhkan waktu.  "Artinya udang rebon basah yang telah dibersihkan dari kotoran itu ditiriskan hingga kadar airnya berkurang. Selain itu juga untuk menambah cipta rasa yang unggul udang rebon basah ini harus dikukus kurang lebih 5-10 menit. Selanjutnya, bi