Ads (728x90)


Mediabidik.com
– Longsornya penahan bibir sungai di sekitar Asem Rowo Senin (07/12/20) akibat gerusan aliran sungai karena curah hujan tinggi di Surabaya, membuat Komisi C DPRD kota Surabaya angkat bicara.

Ketua Komisi C, Baktiono mengatakan, untuk mencegah kembali terjadinya longsor penahan bibir sungai, kami menyarankan Pemkot Surabaya agar segera memasangan site pile di bibir-bibir sungai yang belum terpasang site pile.

Site pile sendiri bertujuan  pemasangan konstruksi ini adalah untuk menahan tanah, agar tidak longsor tergerus derasnya air saat curah hujan tinggi.

"Perlu segera dipasang site pile sebagai penahan abrasi air, sehingga saat curah hujan tinggi bibir sungai tidak ambrol."ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Senin (07/12/20).

Ia menjelaskan, penggunaan site pile dibibir-bibir sungai sangat penting untuk menahan ambrolnya pinggiran sungai. 

Untuk itu, Pemkot Surabaya segera memonitor mana saja sungai-sungai yang belum diberikan site pile, agar tidak lagi terjadi longsornya penahan bibir sungai.

Selain itu, salah satu antisipasi arus deras sungai, Pemkot Surabaya bisa berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait yang ada di Pemprov Jawa Timur. 

Karena aliran sungai yang masuk ke Kota Surabaya, bisa jadi berasal dari luar Surabaya akibat intensitas curah hujan tinggi saat musim hujan.

"Terpenting, sungai yang belum terpasang site pile harus segera dipasang, agar tidak kembali ambrol seperti di Asem Rowo."ungkapnya.(pan)

Post a comment