Skip to main content

Mengenang Berdirinya Rumah Pompa Tandon Wonokitri, PDAM Surabaya Gelar Open House

SURABAYAIMediabidik.Com– Jelang HUT ke 47 tahun, PDAM Surya Sembada Surabaya mengelar acara open house serta pameran foto lawas, Rabu (6/12/23) di rumah pompa tandon Wonokitri di jalan Pakis Tirtosari No 84 Surabaya.

"Rumah pompa tandon Wonokitri ini memang peninggalan Belanda," ujar Arief Wisnu Cahyono Dirut PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, ditemui usai open house.

Arief Wisnu Cahyono yang akrab disapa Wisnu ini menjelaskan open house baru pertama kali diadakan namun belum pernah dibuka untuk umum.

"Ke depan kita akan pertimbangkan sebagai salah satu destinasi wisata untuk spot foto dan lainnya," terangnya. 

Yang tidak kalah pentingnya, menurut  Wisnu pihaknya memperkenalkan sebuah kesuksesan karya internal PDAM kepada para karyawan.

"Bahwa hari ini hasil sebuah kerja keras generasi kita (PDAM) di zaman dahulu termasuk pendiri PDAM orang orang Belanda," katanya.

Meski demikian, Wisnu menambahkan hal itu patut menengok untuk meneladani masa lalu kerja keras PDAM yang sudah berdiri 100 tahun lebih.

"Secara administratif 24 November itukan ulang tahun PDAM ke juga 47 tapi secara historinya sudah lebih 100 tahun," pungkasnya.  

Diwaktu yang sama Direktur Operasional Nanang Widyatmoko mengatakan, diusia ke 47 tahun ini, itukan usianya di KTP usia secara hukum, tapi secara biologis itu berdirinya mulai jaman Belanda. "Ini sejak 1912,jadi sudah 100 tahun lebih, kalau di Ngagel satu itu filternya usianya sudah ada yang 100 tahun, termasuk juga pipa-pipa." terang Dir Ops PDAM Surya Sembada Surabaya. 

Kedepannya kita akan menuju kesana (Destinasi wisata), kalau ada nilai jual harus kita manfaatkan, karena saat ini cakupan pelayanan PDAM sudah seratus persen. "Jadi kira-kira kalau jualan air sudah mentok, jadi kedepannya harus berpikir usaha-usaha yang lain. "ucap Nanang. 

Salah satunya, tambah Nanang, misalkan pemanfaatkan aset-aset, kami kan mempunyai aset tanah bekas ponten. Kayak di Wonokitri ini secara tampilan ada unsur historis kan ada memungkinkan kita buat untuk destinasi wisata. "Selain untuk kafe-kafe bisa untuk Camping Ground, karena dibelakang lahannya luas, serta kontur tanahnya naik turun. Jadi perlu di siapkan terlebih dulu. "pungkasnya. (red) 

Comments

Popular posts from this blog

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni