Skip to main content

Jokowi Resmkian Pasar Induk Among Tani Didukung Fasilitas dan Sistem Transaksi Canggih Bank Jatim

BATU|Mediabidik.Com - Setelah beroperasi sejak 2 Oktober 2023 lalu, akhirnya Pasar Induk Among Tani Kota Batu secara sah telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, pada Kamis (14/12/2023). PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) turut serta mengikuti kegiatan peresmian pasar yang berada di pusat kota Batu tersebut. Dihadiri langsung oleh Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, peresmian Pasar Induk Among Tani ini, tak luput dari adanya sinergitas antara Pemerintah Kota Batu dengan Bank Jatim. 

Dalam kesempatan tersebut, juga turut hadir untuk menyaksikan Peresmian Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan PJ Walikota Batu Aries Agung Paewai.
 
Jokowi mengatakan, Pasar Induk Among Tani Kota Batu mampu menampung 2.700 kios dan los yang semuanya bisa digunakan untuk berdagang. Baik di zona basah, kering, maupun kuliner dan makanan. "Pasar ini adalah pasar terbesar yang pernah saya lihat di Republik Indonesia. Gedung yang memiliki luas 3,4 hektar ini, sangat megah dan semua kios serta losnya ditata sangat bagus. Pasarnya bersih dan tempat parkir luas, sehingga kita harapkan usaha pedagang laris dan hidupnya semakin sejahtera," paparnya.
 
Di samping itu, Busrul menjelaskan, Bank Jatim sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Jawa Timur berkomitmen akan selalu bersinergi dengan Pemkot Batu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu bentuk sinergitasnya, yaitu dengan memberikan dukungan terhadap Pasar Induk among Tani Kota Batu yang merupakan salah satu proyek strategi nasional dan sekaligus menjadi salah satu ikon kota Batu. 

"Bank Jatim ada di dalam pasar ini, untuk bersinergi dengan Pemkot Batu dan khususnya masyarakat Batu guna bersama-sama membangun peningkatan perekonomian. Bentuk dukungannya pun beragam. Mulai dari digitalisasi pasar sampai sarana prasarana," ungkapnya.

Busrul mengatakan, pasar memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Sehingga Bank Jatim berkomitmen akan terus mendukung pengembangan digitalisasi pasar. "Tujuan kami support digitalisasi di pasar ini, untuk memperkuat sistem pembayaran dan juga inklusi keuangan, sehingga transaksi dari pedagang lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, volume perdagangan akan makin tinggi dan para pedagang diharapkan bisa berkembang ke depannya," ungkapnya.
 
Dalam pengembangan ekosistem digitalisasi Pasar Induk Among Tani, transaksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli semuanya menggunakan QRIS Bank Jatim. QRIS bisa diakses melalui mobile banking Bank Jatim JConnect ataupun mobile banking lainnya. Selanjutnya, pembayaran pajak dan retribusi daerah juga bisa langsung dilakukan dengan virtual account Bank Jatim. 

Tak hanya itu saja, di dalam pasar tersebut, juga ada mesin ATM Bank Jatim yang beroperasi 24 jam, sehingga masyarakat dapat bertransaksi kapan saja. Untuk lebih memaksimalkan pelayanan, Bank Jatim membuka Kantor Fungsional di dalam pasar tersebut. "Jadi, masyarakat yang berbelanja di sini bisa bertransaksi lebih nyaman dan efisien," lanjut Busrul.
 
Menurutnya, digitalisasi pasar sangatlah penting, karena bisa menawarkan pengalaman baru bagi konsumen yang berbelanja, seperti menjadi lebih praktis dan nyaman. "Lalu semua transaksi online yang dilakukan oleh penjual ada historinya, sehingga ada pengarsipan dokumen-dokumen jual beli yang telah dilakukan," kata Busrul.
 
Selain menyiapkan transaksi digital, Bank Jatim juga menyediakan sarana prasarana penunjang Pasar Induk Among Tani Batu meliputi, pemasangan stiker pada escalator, meja dan kursi foodcourt, papan nomor kios dan los beserta nama kios, papan penomoran zona bangunan fasade luar dan dalam gedung, papan petunjuk arah, lampu tematik, sampai aksesoris kantor payment point.
 
Di dalam Pasar Induk Among Tani tersebut, juga terdapat destinasi wisata kuliner dengan tak meninggalkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat. "Tentu ini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pasar. Maka dari itu, dengan melihat segala macam potensi yang ada, kami bekerja sama dengan Pemkot Batu untuk melakukan branding di pasar, demi meningkatkan exposure corporate image dan product image Bank Jatim," paparnya.
 
Pihaknya berharap pasar yang terletak di Jalan Dewi Sartika itu, bisa menjadi ikon Jawa Timur dan membawa manfaat bagi para pedagang. Selain itu, kebutuhan masyarakat bisa terakomodir dengan baik, karena kualitas barang di pasar ini terjamin. 

Busrul menegaskan, dengan adanya Pasar Among Tani ini, maka kesan kumuh, panas, bau, dan becek yang biasanya tersematkan bagi pasar tradisional sudah tak ada lagi. Dari yang sebelumnya kumuh, kini menjelma jadi pasar modern yang bersih full cashless, namun tetap mengedepankan konsep pasar rakyat berupa tawar menawar harga antara pedagang dan pembeli. Bagian atap langit juga cukup tinggi, sehingga sirkulasi udara terjaga dan tak membuat kepanasan penghuni pasar. Fasilitas eskalator juga tersedia agar pengunjung lebih nyaman untuk berbelanja. (rinto)

Caption: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Pasar Induk Among Tani Kota Batu, didampingi di antaranya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni