Ads (728x90)

SURABAYA (Mediabidik) - Kendati telah didakwa melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan, namun pasangan suami istri Erik bin Kurniawan dan Jessie Adhitia tidak memiliki aset yang bisa disita.

Hal itu diungkapkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Bunari saat dikonfirmasi awak media terkait adanya dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). 

Padahal, saksi korban Anne Susianti mengungkapkan jika uang miliknya Rp15,2 miliar hingga kini belum juga dikembalikan oleh para terdakwa.

"Tak ada TPPU-nya itu, terdakwa tak punya aset," kata jaksa Bunari saat dikonfirmasi di PN Surabaya setelah sidang perkara ini.

Saksi Anne Susianti dihadapan majelis hakim yang diketuai I Wayan Sosiawan mengatakan jika pada Juli 2017 didatangi oleh terdakwa Jessie Adhitia yang mengatakan jika suaminya Erik sedang membutuhkan bantuan keuangan.

"Jessie mengaku jika sering dianiaya suaminya Erik yang sedang terililit hutang kepada saksi Steven," katanya.

Pada saat itu, terdakwa Jessie lantas menginap sepekan di apartemen saksi korban. 

"Saat itu terdakwa juga bilang, jika punya hutang pada Steven dan mau dilaporkan ke polisi sampai mau dibunuh. Dari keterangan terdakwa itu saya iba lalu saya bantu," katanya.

Saksi Anne Susianti percaya pada kedua terdakwa lantaran ada surat pernyataan pengembalian hutang yang ditandatangani terdakwa, Jessie Adhitia sebagai penjaminnya. 

"Ada buktinya semua, total semuanya Rp15,2 miliar. Sampai saat ini uang saya tak dikembalikanya," tukasnya.

Menanggapi keterangan saksi Anna Susianti Tjandra kedua terdakwa pasutri mengatakan jika keterangan saksi tak sepenuhnya benar. Jika dari Rp15,2 miliar tersebut telah dikembalikan sebagian dan memiliki sisa Rp9 miliar.

"Ada pembayaranya Rp6 miliar belum termasuk tunai, setidaknya kurang Rp9 miliar, itupun hutangnya saya perpanjang setiap bulan,'' kata Erik

Menanggapi keterangan terdakwa Erik, saksi korban Anne Susianti Tjandra lantas menyuruh membuktikan pembayaran jika memang telah membayar Rp6 miliar.

"Itu tidak benar, kalau memang terdakwa telah membayar silahkan dibuktikan di persidangan," pungkasnya.

Sidang dilanjutkan pekan depan dengan agenda mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan oleh tim jaksa. (opan)

Foto: Terdakwa Erik bin Kurniawan dan Jessie Adhitia saat jalani sidang di PN Surabaya, Senin (25/11/2019). Henoch Kurniawan

Post a Comment