Ads (728x90)

SURABAYA (Mediabidik) - Dinas Kebersihan Dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya menargetkan tahun ini melaksanakan pembangunan taman bermain di lahan eks Pasar Kedinding Jalan Nambangan kecamatan Kenjeran Surabaya.

Lahan seluas 7.987 m2 milik pemkot Surabaya eks Pasar Kedinding akan disulap menjadi taman bermain sekaligus tempat wisata bagi warga Surabaya yang melintasi Jalan Kedung Cowek maupun Jembatan Suramadu. Untuk pembangunan taman Tanah Kali Kedinding DKRTH gelontorkan dana sebesar Rp 1 milliar dari APBD kota Surabaya tahun 2019.

Kabid RTH dan PJU DKRTH Kota Surabaya, Hendri Setianto mengatakan, ex Pasar Kedinding akan disulap menjadi taman aktif, dimana masyarakat bisa berinteraksi sosial di area taman, baik anak-anak, remaja, maupun para orang tua.

Karena, tambah Hendri, nantinya di taman aktif eks Pasar Kedinding akan diberikan fasilitas bermain seperti, untuk anak-anak ada kidz zone, batu kesehatan untuk dewasa, dan Plaza atau panggung senam untuk ibu-ibu.

"Sudah di design, dan kita targetkan tahun ini proyek pembangunannya dimulai." ujarnya kepada wartawan di kantor DKRTH, Senin (17/06/19).

Alumni UPN Surabaya ini menjelaskan, luas lahan pembangunan taman eks Pasar Kedinding adalah 7.987 meter persegi, dan dibangun melalui dana APBD Pemkot Surabaya dengan nilai anggaran Rp1 miliar.

"Pembangunan taman eks Pasar Kedinding merupakan program Pemkot, dimana akan dibangun enam taman aktif maupun pasif di Kota Pahlawan ini. "ucapnya.

Lebih lanjut dia memaparkan, enam taman tersebut adalah, Taman Kreatif eks Incernerator Keputih, Taman Harmoni Keputih, Taman Mozaik Wiyung Praja, Taman Memorial Balas Klumprik, Taman Geologi Gunung Anyar, dan Taman eks Pasar Kedinding.

"Prosesnya saat ini sudah DED setelah itu kita lelang, setelah lelang clear pengerjaan dimulai. Dari enam taman, empat yang sudah selesai tinggal dua yang belum yaitu taman Tanah Kali Kedinding dan taman Geologi Gunung Anyar." terangnya.

Hendri kembali mengatakan, dalam pembangunan taman eks Pasar Kedinding mungkin hanya terkendala relokasi pedagang. Namun, sejauh ada komunikasi intens dengan pedagang, diharapkan rencana pembangunan berjalan lancar. (pan)

Foto : Konsep gambar taman Tanah Kali Kedinding Nambangan Surabaya.

Post a Comment