Ads (728x90)

SURABAYA (Mediabidik) - Untuk menstabilkan harga bawang merah yang sempat melonjak akhir-akhir ini, Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Operasi Pasar (OP) di beberapa pasar ternama di Surabaya.

Seperti yang disampaikan oleh Direktur Direktorat Tanaman Obat Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Muhamad Ismail Wahab, saat di temui di sela-sela operasi pasar di Pasar Keputran Surabaya.

"Pada operasi pasar (OP) malam ini, kami bertujuan untuk menekan harga bawang merah yang melambung tinggi agar terjadi kestabilan harga di pasaran. " tutur M. Ismail Wahab, Senin (08/04).

M.Ismail Wahab menambahkan harga bawang merah yang mencapai kisaran Rp35.000/kg, semaksimal mungkin akan terus ditekan hingga kembali normal. Hal ini dikarenakan stok bawang merah yang ada di Indonesia dipastikan aman untuk bulan April ini.

Menurut pengakuannnya, hal ini dibuktikan dengan adanya panen raya yang segera di lakukan oleh petani bawang merah di beberapa tempat di pulau Jawa, antara lain di Brebes, Pemalang dan Demak.

"Paling besar panen yang akan datang di Demak, itu mencapai 1.600 ribu hektar yang akan di panen. Setelah kita data ada sekira 90 ton. Jadi tidak perlu khawatir akan stok bawang merah. Dengan harga Rp. 22 ribu sampai Rp. 23 ribu /kg, saya rasa ini merupakan harga yang cukup lumayan jika di bandingkan harga pasaran, selisihnya sampai 12 ribuan." lanjut Ismail.

Selain di Surabaya, Kementan juga melakukan operasi pasar di Jakarta, di Pasar Induk Kramat jati. Selain pasar induk, pasar retail juga akan menjadi sasaran operasi pasar selanjutnya. 

"Kami pastikan stok bawang merah aman. Kami bukan hanya menyasar ke pasar induk, juga pasar retail kita adakan operasi pasar. Kita tunjukkan bahwa harga bawang merah bisa turun, dan mencegah para tengkulak bermain harga." pungkas 

Untuk diketahui, Direktorat Tanaman Obat Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian bekerja sama dengan PT. Sakaei dalam menggelar Operasi Pasar ini.

3 pasar besar di Surabaya yakni pasar Pabean, pasar Keputran dan pasar Mangga Dua menjadi target operasi pasar yang menggelontorkan bawang merah harga murah total sebanyak 24 ton. (san).


Foto : Muhamad Ismail Wahab dan jajaran direksi PT. Sakaei saat Operasi Pasar di Pasar Keputran Surabaya.

Post a Comment