Skip to main content

Hak Jawab Pemkot Surabaya, Perihal Berita Tanggal 10 Desember 2018

SURABAYA (Medibidik) - Perihal pemberitaan pada tanggal 10 Desember 2018.http://www.mediabidik.com/2018/12/sibuk-pelesir-fraksi-pdip-desak.html?m=1 Pemkot Surabaya melalui surat dari sekertaris daerah yang pertanggal 12 Desember 2018 memberikan hak jawab dan klarifikasi sebagai berikut.

1. Kami sangat menyesalkan karena berita tersebut tidak berimbang, tanpaemcantumkan atau klarifikasi narasumber dari pemkot Surabaya.

2. Kami menyesalkan mengunakan kata "pelesir" yang secara jelas membangun opini publik menurut kamus besar bahasa imdonesia (KKBI) bahwa pelesir memiliki makna bersenang-senang mencari kesenangan atau berjalan bersenang-senang, bertamasya, berpesiar.

3. Bahwa kegiatan walikota keluar negeri mulai tanggal 27 November sampai 8 Desember 2018 bukan dalam rangka bersenang-senang. Melainkan menjalankan tugas sebagai presiden UCLG ASPAC maupun sebagai walikota Surabaya yang mana seluruh biaya didanai oleh UCLG berikut penjelasan kegiatan walikota Surabaya.
a). Pada tanggal 27-28 November 2018 walikota Surabaya berkunjung ke Pyong Pyang Korea Utara bertemu dengan wakil presiden presedium supreme people assembly kunjungan walikota Surabaya dalam kapasitas sebagai presiden UCLG ASPAC.
Tanggal 29 November 2018 walikota Surabaya berkunjung ke kota Pyongsong Korea Utara dan menghadiri pertemuan dengan walikota Pyongsong.
c). Tanggal 30 November 2018 walikota Surabaya bertemu dengan walikota Kaesong provinsi Hwanghae Utara Korut.
d). Tanggal 1 Desember 2018 delegasi Surabaya menuju Beijing China untuk transit menuju Hangzhou China.
e). Tanggal 2-3 Desember 2018 walikota Surabaya mengikuti the first BRLC general assembly atas undangan dari walikota Hangzhou dalam kesempatan ini walikota Surabaya menjadi pembicara dan menyampaikan materi.
f). Tanggal 4 Desember 2018 delegasi Surabaya menuju kota Guangzou China untuk memgahadiri Guangzou Internasional Award. Dimana kota surabaya diundang sebagi finalis.
g). Tanggal 5 Desember 2018 walikota surabaya menjalani rangkaian gladi bersih ramgkaian acara Guangzhou Internasional Award.
h). Tanggal 6 Desember 2018 walikota Surabaya menyampaikan paparan final Guangzhou Internasional Award.
i). Tanggal 7 Desember 2018 walikota Surabaya menjalani rangkaian seremonial serta pengumuman pemenang Guangzhou Internasional Award.
j). Tanggal 8 Desember 2018 delegasi Surabaya pulang menuju Surabaya.

4. Bahwa sebagai presiden UCLG maupun walikota Surabaya, rangkaian kegiatan tersebut tetap memberi dampak positif bagi kota Surabaya antara lain.
. Surabaya melalui partisipasi aktifnya, semakin dikenal dilevel internasional.
. Membuka peluang kerjasama di kota-kota Korea Utara dan China.
. Khusus untuk kota-kota di Korea Utara, Surabaya sudah dalam kontek memberi pendampingan dan masukan untuk kota di Korea Utara.
. Di Guangzhou, Surabaya menjalin networking dengan kota-kota maju seperti Yiwu dan Yiwu juga banyak belajar dari Surabaya dalam hal pengembangan usaha kecil menengah (UKM).

5. Bahwa meskipun walikota Surabaya berada diluar negeri namun beliau tetap menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai walikota surabaya, baik dalam adminitrasi, disposisi surat dan sebagainya hingga pemantauan kota, karena semua aktifitas tersebut dapat dilaksanakan secara online melalui gagdet walikota Surabaya.

6. Kami juga menyayangkan media online saudara tidak mencantumkan alamat redaksional secara lengkap.

Berdasarkan hal tersebut dengan memperhatikan pasal 5 ayat (1) undang-umdang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers serta ketentuan  pasal 1 dan 3 kode etik jurnalistil dewan pers, dimohon saudara memuat klarifikasi/hak jawab atas pemberitaan tersebut di mediabidik.com dan tetcantum dalam berita terkait. Paling lama 1x24 sejak surat ini diterimakan.(pan)

Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni