Ads (728x90)

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyerahkan 46 ekor hewan kurban kepada sejumlah masjid di eks lokalisasi dan panti asuhan. Hewan kurban yang disalurkan terdiri dari 15 ekor sapi dan 31 ekor kambing. Hewan kurban tersebut, merupakan hasil bantuan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Surabaya, Developer dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Sebelum dilakukan pendistribusian, hewan kurban tersebut telah dilakukan pengecekan kesehatan oleh dokter hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya.

Selain menerima bantuan berupa hewan kurban, Pemkot Surabaya juga menerima uang shodaqoh Rp 60.764 juta, yang terkumpul sejak 21 Agustus 2018. Dana tersebut, nantinya akan disumbangkan untuk bantuan korban gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

Usai melaksanakan Shalat Idul Adha bersama di Taman Surya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kemudian secara simbolis menyerahkan hewan kurban berupa sapi seberat 800 kilogram, kepada Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Surabaya. Sementara Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana menyerahkan hewan kurban kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surabaya.

Pada momen Idul Adha 1439 H ini, Wali Kota Risma mengajak seluruh warga Kota Surabaya, untuk menjadikan momen ini sebagai refleksi mengingat kebesaran Allah SWT. Hal tersebut tercermin dalam kisah Nabi Ibrahim As, yang selalu taat dan patuh dalam setiap menjalankan perintahnya.

"Kita dalami, kita renungkan untuk pengorbanan Nabi Ibrahim ini. Terutama untuk saudara-saudara kita yang saat ini ada musibah," kata Wali Kota Risma usai melakukan penyerahan hewan kurban di Taman Surya, Rabu, (22/08/18).

Dalam kesempatan ini, Ia juga berpesan kepada masyarakat Surabaya agar selalu bersungguh-sungguh dan tulus dalam setiap langkah akan melakukan aktifitas. Ia mencontohkan, seperti ketika mencari nafkah harus dilakukan dengan tulus dan ikhlas. Menurutnya, jika seseorang selalu bersikap demikian, pasti Tuhan akan segera membalas kebaikannya.

"Insya Allah kalau kita mengerjakannya dengan tulus dan ikhlas, Insya Allah balasannya cepat sekali seperti yang kita inginkan," tuturnya.

Setiap menyambut Idul Adha, Pemkot Surabaya melaksanakan penyaluran hewan kurban kepada para pengurus masjid. Dengan harapan setelah diserahkan, bantuan dapat disalurkan kepada mereka yang berhak untuk menerima, seperti kaum dhuafa, anak yatim, ibu-ibu janda dan sebagainya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya M. Fikser mengatakan untuk hewan kurban sapi diserahkan ke sejumlah masjid di eks lokalisasi, rusunawa dan kampung nelayan. Sementara untuk hewan kurban kambing, akan diserahkan ke sejumlah panti asuhan di Surabaya. "Rinciannya yakni sebanyak 15 ekor sapi dan 31 ekor kambing yang akan diserahkan," tutupnya. (Pan)


Post a Comment