Skip to main content

Bacaleg PKS Jatim Kebanyakan Kalangan Perempuan dan Millennials

SURABAYA (Mediabidik) - DPW PKS Jawa Timur mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) pada Selasa siang. Pendaftaran bacaleg untuk DPRD Jawa Timur tersebut dilakukan di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Timur di kawasan Kendangsari, Surabaya.

Rombongan DPW PKS dipimpin langsung oleh Arif HS dan Irwan Setiawan selaku Ketua Umum dan Sekretaris Umum. Turut hadir beberapa caleg incumbent, caleg perempuan, dan juga caleg muda PKS. Sekretaris Umum DPW PKS Jatim Irwan Setiawan menyampaikan bahwa PKS mendaftarkan 115 orang bacaleg untuk DPRD Jawa Timur. 

"40,87% nya Perempuan atau sebanyak 47 orang. Jadi sudah melebihi 30% kuota perempuan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang. Bahkan di dapil Jatim 7, 8, 11, 12, bacaleg perempuan PKS mencapai 50-57 %," ujar pria yang juga menjadi Ketua Fraksi PKS DPRD Jatim ini. 

Selain dari kalangan Perempuan, bacaleg PKS juga banyak diisi kalangan millennial yang berusia 21 hingga 30-an tahun. Salah satunya Yudha Permana Putra, Sekum Gema Keadilan Jatim. 

"PKS sangat akomodatif terhadap generasi Millennials. Mulai kegiatan partai hingga penjaringan caleg selalu melibatkan anak muda seperti kami. Target kami, anak muda bisa banyak berkiprah di parlemen. Sebab yang tahu aspirasi anak muda ya kita sendiri," kata Yudha bersemangat.

Ke-115 orang Bacaleg PKS yang didaftarkan berasal dari berbagai macam latar belakang. Antara lain mantan birokrat, kepala desa, guru, dokter, pengacara, pengusaha, social entrepeneur, seniman, pegiat Koperasi, aktivis kepemudaan, dan lain-lain. Ada pula beberapa pejawat DPRD Jatim seperti Suhartono, Artono, dan Irwan Setiawan yang dicalonkan kembali.

Ketua Umum DPW PKS Jatim Arif HS menyampaikan rasa syukurnya. "Alhamdulillah. Proses penjaringan dari bawah hingga finalisasi pemberkasan berjalan lancar. Semoga Bacaleg yang kami ajukan bisa diterima dan dipilih masyarakat Jawa Timur," kata Arif.

Mengenai target, Arif menyampaikan bahwa belum ada perubahan dari hasil Munas. "Kita targetkan 12 persen kursi. Di DPRD Jatim setara dengan 14 Kursi. Kami optimis tiap dapil PKS akan mendapatkan kursi," papar Arif.

Selain mendaftarkan Bacaleg ke KPUD Jawa Timur, PKS juga mendaftarkan Bacalegnya ke 38 KPUD Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. "Seluruh DPD PKS se-Jatim mulai kemarin hingga hari ini mendaftarkan bacaleg Kabupaten/Kota. PKS yakin akan mendapatkan kursi di seluruh Dapil kabupaten/kota. Sesuai dengan target kami 12 persen," pungkas Irwan Setiawan. (RoHa)

Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni