Ads (728x90)


SURABAYA (Mediabidik) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana serta sejumlah anggota DPRD Surabaya menggelar halal bihalal di halaman Balai Kota Surabaya, Senin (25/6/2018).

Pada kesempatan itu, wali kota dan wakil wali kota serta sejumlah anggota DPRD dan para kepala dinas menyambut seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan karyawan Pemkot Surabaya. Dengan sabarnya, mereka melayani satu persatu karyawan Pemkot Surabaya untuk bersalaman dan saling bermaaf-maafan. "Mohon maaf lahir batin ya," kata Wali Kota Risma kepada seluruh karyawan dan ASN saat bersalaman.

Para karyawan dan ASN yang hadir terlihat menyemut di halaman Balai Kota. Dari saking banyaknya, proses halal bihalal itu memakan waktu sekitar 2 jam. Para ASN dan karyawan Pemkot Surabaya terlihat antusias dan sabar antre untuk bersalaman. Mereka juga memanfaatkan momen itu untuk bertegur sapa dengan para ASN dan karyawan lainnya.

Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengatakan agenda halal bihalal ini sudah rutin digelar setiap tahunnya oleh Pemkot Surabaya. Momen itu biasanya digunakan untuk bertemu dan bersalam-salaman sembari saling bermaaf-maafan antar ASN dan karyawan pemkot.

"Yang ikut ini seluruh ASN dan karyawan Pemkot Surabaya, kecuali mereka-mereka yang bertugas di pelayanan kepada masyarakat dan tidak bisa ditinggalkan," kata Wawali Whisnu ditemui usai halal bihalal.

Menurut Wawali, dengan momen ini maka semua ASN dan karyawan yang bertugas di beberapa tempat yang saling berjauhan bisa bertemu dalam satu tempat. Sebab, jarang-jarang bisa ketemu setiap harinya karena sibuk dengan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. "Nah, melalui halal bihalal ini mereka dipertemukan dalam satu acara, sehingga bisa bertemu dan bisa bermaaf-maafan," tegasnya.

Harapannya, lanjut dia, momen ini bisa semakin mempererat tali silaturrahmi antar sesama, sehingga ke depannya jajaran Pemkot Surabaya bisa semakin baik dan semakin bersinergi dalam melayanan masyarakat Surabaya. "Intinya itu, kita semua bisa terus menyambung tali silaturrahmi," imbuhnya.

Biasanya, sejumlah ASN dan karyawan Pemkot Surabaya itu mengikuti open house yang digelar oleh Wali Kota Risma di rumah dinasnya Jalan Sedap Malam setelah salat Idul Fitri. Makanya, momen bermaaf-maafan itu bisa dilakukan dua kali, yaitu saat open house dan saat halal bihalal yang rutin digelar oleh Pemkot Surabaya.

Selain itu, Wawali juga menjelaskan bahwa halal bihalal itu merupakan tradisi yang hanya dilakukan oleh umat muslim di Indonesia. Sebab, di luar negeri tidak ada halal bihalal seperti yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia setelah lebaran. "Makanya, tradisi ini harus dijaga untuk menjaga hubungan baik dengan sesama manusia. Jadi, hablum minannas-nya juga dijaga," imbuhnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Surabaya M. Fikser juga menjelaskan bahwa momen ini untuk mempertemukan para ASN dan karyawan Pemkot Surabaya yang tugasnya berjauhan. Makanya, momen ini benar-benar dimanfaatkan oleh semua ASN dan karyawan pemkot untuk saling bermaaf-maafan antar sesama.

"Acara ini memang untuk memudahkan kita semua yang kantornya jauh untuk menjalin silaturrahmi lagi," pungkasnya. (pan)

Post a Comment