Ads (728x90)

SURABAYA (Mediabidik) - Untuk mengetahui kesiapan anggota KPU Kota Surabaya menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) kurang 54 hari lagi dalam pelaksanaannya.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya terus melakukan persiapan secara internal dengan menggelar simulasi pelaksaan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara di kantor KPU Surabaya Jalan Aditya Warman No 87 Surabaya. Sekaligus mengoptimalkan sosialisasi terkait pelaksaan pemilihan gubernur pada 27 Juni mendatang.
Komisioner KPU Surabaya Divisi Bidang Teknis, Nurul Amalia, mengatakan pelaksanaan sosialisasi ini untuk mengukur kesiapan teman-teman KPU serta sekaligus kita melakukan sosialiasi.
"Tujuan simulasi ini untuk mengukur kesiapan kami, untuk sosialisasi serta dari adegan- adegan yang diperagakan ini kita bisa mengevaluasi petugas-petugas mana yang perlu ditekankan perannya saat di TPS nanti," ujarnya. Saat dikonfirmasi usai acara Simulasi, Kamis (3/5/2018).
Ia menambahkan, untuk jumlah TPS nanti di Surabaya ada sekitar 4.284 TPS dengan jumlah pemilih yang telah terdaftar di daftar pemilih sekitar 2.006.061 pemilih.
Nurul juga menambahkan dalam simulasi ini juga diperagakan tata cara pencoblosan pemilih baik yang terdaftar dalam DPT maupun yang tidak terdaftar dalam DPT serta bagaimana penanganan pemilih yang memakai atribut partai atau pasangan calon saat di TPS.
"Simulasi ini untuk mengetahui bagaimana solusi saat ada masalah dalam pelaksanaan pemilihan di TPS," imbuhnya.
Ia juga menyebut, dalam simulasi ini juga memperagakan pelaksanaan pencoblosan yang dilakukan oleh kaum disabilitas. Serta soal larangan menggambil gambar saat dibilik suara yang diatur dalam Peraturan KPU nomor 8 tahun 2018 pasal 32 ayat 1 huruf i.
"Dalam PKPU itu menyebut larangan menggunakan telepon genggamdan atau alat perekam gambar lainnya saat dibilik suara," ujarnya. 
Sementara itu ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan dengan sosialisasi ini pihaknya berharap mampu mendongkrak jumlah pemilih. (pan)
Teks Foto : Simulasi Pemilu yang digelar di kantor KPU Surabaya.


Post a Comment