Ads (728x90)


SURABAYA (Mediabidik) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim menyatakan saat ini sudah ada 20.725.585 lembar surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang sudah didistribusikan di 26 kabupaten/kota di Jatim. Hal ini disampaikan oleh Anggota KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta di media center KPU Jatim, Senin (28/5).

Dikatakannya, jumlah surat suara yang dicetak dan didistribusikan dilebihi 3,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 30.155.719 atau lebih 2,5 persen di masing-masing TPS. "KPU daerah berkewajiban melakukan pengecekan untuk meneliti surat suara yang rusak seperti robek, warna tidak terang, dan cetakan miring," ujarnya.

Dewita juga menyampaikan, untuk sisanya pendistribusian dilakukan mulai hari ini sampai 30 mei 2018 yaitu  10.218.147 lembar atau 34 persen, ada 12 kabupaten/kota di antaranya, Kabupaten/kota Blitar, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang dan Kabupaten Nganjuk,

"Sesuai jadwal KPU jatim hari ini (Senin, 28/5 - red) adalah pendistribusian terakhir, tetapi karena surat suaranya yang dikirim oleh pihak pemenang lelang ke kabupaten/kota tidak sesuai jumlahnya. Maka KPU Jatim memperpanjang jadwal pendistribusian hingga 30 mei 2018," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk proses pengadaan surat suara tersebut semuanya telah dilakukan oleh KPU RI. "Untuk percetakan kertas hingga hologram dari surat suara bukan kewenangan KPU Jatim untuk percetakannya. Semuanya kewenangan KPU RI,"katanya.

Ditambahkan oleh Dewita, surat suara di daerah kepulaun seperti Bawean Gresik dan beberapa pulau di Kabupaten Sumenep, Sisin menyatakan sekarang posisi surat suara sudah masing-masing kabupaten. "Saat ini sedang dilipat, lalu dipacking disegel di kotak suara terus dikirim. Paling lambat satu minggu sebelum pemilihan sudah sampai di masing masing kecamatan sana," katanya.

Sedangkan untuk pengadaan logistik lain, Sisin mengatakan distribusi tinta sudah ke 21 kabupaten/kota. Sementara untuk formulir dan hologram baru naik cetak. "Kalau perlengkapan TPS seperti alat coblos pengadaan di kabupaten/kota," pungkasnya.

Seperti diketahui, Pilkada Jatim untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dengan nomor urut 1, dan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno nomor urut 2. Pasangan nomor 1 merupakan calon dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem, sedangkan pasangan nomor 2 adalah calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS serta Gerindra. (RoHa )

Post a Comment