Ads (728x90)


SURABAYA (Mediabidik) - Untuk mengurai kemacetan di area bottle neck  di pojok Royal Plaza Wonokromo Surabaya. Membutuhkan biaya Rp 450 juta, dana tersebut untuk memasang plat penutup rel dan mengaspal jalan sesuai roda KA yang melintas. 

Kepala Dinas PU Bina Marga Surabaya Erna Purnawati menegaskan secepatnya penyempitan jalan di Royal Plaza itu akan dituntaskan. "Kami sudah siapkan plafon anggaran Rp 450 juta untuk menutup relnya," kata Erna, Kamis (5/4/2018).

Kadis PU BMP menjelaskan, macet parah di Royal terjadi karena pelebaran jalan dari Frontage Road A Yani tidak bisa langsung nyambung. Ada perlintasan jalan KA yang tidak perlu ditutup kembali karena jalan dilebarkan. 

Namun, untuk menutup sekitar 8 meter jalur KA membelah jalan itu perlu spesifikasi khusus dan kemampuan khusus. "Makanya kami lelang. Minggu ini pengumuman pemenang lelang," jelas Erna.

Tahap evaluasi para peserta lelang sudah dilakukan. Dinas PU lebih percaya dengan pelaksana yang sudah berpengalaman mengerjakan persimpangan KA. 

Erna yakin, dalam waktu tidak lama pengerjaan menutup blok rel dan mengaspal persimpangan rel ini tidak lama. Diakui menutup persimpangan rel ternyata tidak mudah. 

"Sebab harus menyesuaikan ketinggian dan lebar roda KA. Jika ketinggian atau kesempitan akan berakibat fatal."pungkasnya. (pan)

Post a Comment