Ads (728x90)


SURABAYA (Mediabidik) - Partai Golkar akan menjaga dan mengamankan suara pasangan calon gubernur – calon wakil gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elistianto Dardak dengan menerjunkan 7000 saksi untuk Surabaya. Pengamanan suara tersebut dengan estimasi tiap TPS dijaga satu orang saksi.

"Jika di Surabaya ada 7000 TPS maka saksi jumlahnya juga 7000 orang. Tapi idealnya satu TPS ada dua saksi," kata Sekretaris DPD Golkar Jatim, Sahat Tua Simanjutak usai rakor pemenangan DPD Golkar tingkat II. 

Anggota Komisi C DPRD Jatim itu menuturkan persiapan saksi di TPS merupakan amanat hasil Rapimnas tahun lalu. Dimana kabupaten/kota diwajikan bentuk badan saksi dengan koordinator tingkat provinsi. Saksi-saksi ini direkrut dari kader Golkar yang sudah memiliki KTA dan terhimpun di Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Sahat menegaskan, jumlah saksi di Surabaya itu dapat menjadi modal dasar suara partai. Mengingat saksi di TPS juga mencoblos. Sementara untuk jumlah seluruh saksi di Jatim, Sahat tidak bisa merincinya secara pasti karena tiap kabupaten/kota jumlahnya bervariasi.

"Diharapkan bulan Mei 2018 semua saksi sudah masuk ke data base, dan data partai politik," pungkasnya.

Pria yang berlatar advokat itu menjelaskan, saksi-saksi tersebut tidak hanya untuk mengamankan suara pilgub jatim saja. Tetapi juga untuk pengamanan Pilkada serentak dan dilakukan pembinaan sampai Pileg dan Pilpres 2019.(RoHa)

Post a Comment