Ads (728x90)


SURABAYA (Mediabidik) - Setelah berhasil mendirikan SMA Taruna Nala di Malang, Dinas Pendidikan Jatim bakal mendirikan SMA Taruna Angkasa di Madiun, tahun ini. Sekolah ini akan bekerjasama langsung dengan TNI AU. 

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman mengungkapkan dalam waktu dekat ini akan segera melakukan MoU dengan TNI AU. Nantinya mereka berperan dalam perencanaan kurikulum.  "Kurikulum akan kita desain bareng," tegasnya saat di temui usai hearing dengan Komisi E DPRD Jatim,  Senin (29/1). 

Sama dengan SMA Taruna Nala,lanjut Saiful Rahman,  SMA Taruna Angkasa juga akan menggunakan sistem boarding school. Sistem pendidikan ini dianggap lebih efektif dalam memberikan pendidikan pada peserta didik. Terlebih lagi, SMA Taruna Angkasa ini akan mengedepankan patriotisme dan nasionalime pada negara. 

Saiful menandaskan bahwa SMA Taruna Angkasa ini akan dibuka pada ajaran baru mendatang untuk penerimaan siswa tahap awal dipatok 200 siswa. Jumlah tersebut diyakini mampu terpenuhi berdasarkan pengalaman pembukaan SMA Taruna  Nala yang jumlah pendaftarnya cukup banyak sementara kuota yang diberikan tidak sampai 200 siswa. 

Seleksi masuk SMA Taruna Angkasa ini cukup ketat, karena sesuai dengan seleksi sebagai taruna. Setidaknya, lanjut Saiful, seleksi akan sama seperti yang diterapkan pada SMA Taruna Nala. Bahkan untuk tes masuk sebagai siswa SMA Taruna Angkasa ini akan diseleksi dari TNI AU. 

"Nanti dari TNI AU juga ada yang mengajar, khususnya tentang ketarunaan. Ada 10 orang dari TNI AU yang akan mengajar. Tapi kalau materi pelajaran umum lainnya ya tetap dari guru guru," tandasnya. 

Disinggung tentang infrastruktur, Saiful mengungkapkan pembangunan SMA Taruna Angkasa sudah siap. Sebab, SMA Taruna Angkasa merubah SMA 3 Madiun. Tinggal pembangunan asrama dan beberapa fasilitas lainnya. 

"Ini akan menjadi SMA Taruna Angkasa yang pertama di Indonesia. Bahkan nantinya akan diawasi langsung oleh anggota TNI AU berpangkat kolonel," pungkasnya. (rofik)

Post a Comment