Ads (728x90)


SURABAYA (Mediabidik) - Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, Benyamin Kristianto meminta warga tak menyepelekan genangan air yang timbul akibat hujan. Pasalnya, dari genangan itu warga bisa saja tertular penyakit berbahaya seperti penyakit leptospirosis. Penyakit ini berasal dari urin tikus.

"Ketika tikus kencing di genangan air, maka bakteri leptospira mudah berkembang biak. Kalau diare itu mediatornya lewat lalat. Maka bakteri leptospira mediatornya adalah tikus melalui air," kata Benny, sapaan akrab Benyamin Kristianto, di Surabaya, Sabtu (2/12).

Pria yang menjabat Ketua Kesehatan Indonesia Raya (Kesira) Jawa Timur ini menjelaskan, seseorang terkena air yang mengandung bakteri leptospira, maka kuman langsung menyebar ke tubuh ke orang tersebut. Apalagi bakteri itu mengenai bagian luka atau mata seseorang, maka penyebaran bakterinya langsung cepat. Mengingat kuman langsung masuk glukoma mata.

"Umpama daerah kita ada banjir kemudian kaki terendam air, dan kaki kita ada luka. Maka kuman masuk ke luka dan menyerang tubuh. Tak sengaja kita mengendarai motor ada kendaraan lewat, air muncrat kena mata. Lha glukoma mata sangat rentan infeksi kemasukan kuman," terangnya.

Menurut politisi Partai Gerindra ini, penyakit tersebut menyerang organ hati dan ginjal. Jika masuk melalui darah maka sel pembuluh darah bisa pecah yang disebut hemolitik anemia, sehingga tubuh manusia langsung kuning. Jika menyerang ginjal, maka seseorang tersebut bisa terkena gagal ginjal.

Gejala penyakit ini dapat diketahui 1 Minggu hingga 1 bulan pasca terjangkitnya bakteri, dengan munculnya muntah, meriang, sakit kepala, nyeri otot, sakit perut, diare, demam tinggi, batuk, dan kehilangan nafsu makan. 

"Ketika menemukan gejala awal akan adanya penyakit leptospirosis langkah awal yang harus dilakukan adalah minum obat antibiotic, dan obat panas," kata mantan Direktur Utama Rumah Sakit William Booth tersebut.

Namun jika tubuh sudah menguning, nyeri otot dan kesadaran mulai menurun, Benny menambahkan, menandakan ada gangguan pada urin dan harus dibawa ke dokter untuk diperiksa serta ditangani. Gejala tergantung pada daya tahan tubuh seseorang. Jika daya tahan tubuhnya kuat, maka hanya kena gejala awal saja.

"Tetapi jika lemah, maka tubuh langsung menguning, dan kesadaran mulai menurun," kata dia.( rofik)

Post a Comment