Ads (728x90)


SURABAYA (Mediabidik) - Sarapan bareng ratusan petani, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyempatkan ngobrol ringan beberapa masalah yang masih dihadapi para petani.

Makan bareng kali ini digelar spontan oleh Gus Ipul ketika diundang tokoh petani pelopor Arum Sabil di City Forest and Farm HM Arum Sabil, yang ada di Jember, Jumat (15/12/2017).

Duduk lesehan, Gus Ipul bersama lebih dari 100 petani kemudian menyantap nasi bungkus. "Ada banyak hal yang saya tangkap dari para petani," kata Gus Ipul.

Beberapa kendala petani diantaranya adalah susutnya lahan produktif. Padahal di satu sisi kebutuhan pangan semakin naik.

Nilai tukar petani juga belum ideal sehingga belum mampu meningkatkan kesejahteraan bagi petani.

"Selama ini petani menjual produk mentahnya ke kota, jual gabah ke kota padahal mereka beli beras dari kota. Kedepan petani harus jual beras jangan jual gabah," kata Gus Ipul.

Sementara itu beberapa petani tampak antusias diajak sarapan bareng Gus Ipul. "Selama ini saya sering lihat di TV waktu pengajian. Sekarang bisa sarapan bareng Gus Ipul," ujar Maslihah (36 thn)  petani yang setiap hari menggarap lahan di City Forest and Farm.(rofik)

Post a Comment