Ads (728x90)

SURABAYA (Mediabidik) - Hari ini, Kamis (7/9/2017) Duta Besar (Dubes) Inggris, Mozzam Malik, berkunjung ke balai kota untuk membahas tindak lanjut rencana kerjasama sister city antara kota Surabaya dengan Liverpool Inggris. 

Mozzam Malik menjelaskan, ada banyak kerja sama yang ditawarkan oleh kedua belah pihak. Mulai dari ekonomi, budaya, pendidikan hingga masalah pengembangan sepakbola di Surabaya.

Khusus untuk sepakbola, Menurut Mozzam, dirinya telah menyampaikan usulan dari Liverpool dan Everton untuk membuat akademi di Surabaya. Bahkan kedua klub itu juga bersedia mengirim pelatih berbakat mereka ke Surabaya.

"Selain sebagai kota pelabuhan, Liverpool juga terkenal dengan sepak bolanya. Itu juga yang kita tawarkan ke Surabaya," ujar Mozzam Malik.

Dengan adanya akademi atau pelatih dari Surabaya yang dikirim ke Liverpool, Mozzam berharap akan lahir pemain ternama yang berasal dari kota pahlawan.

"Harapanya mereka bisa menjadi pemain terkenal dari Indonesia," imbuhnya.

Mendengar tawaran kerjasama di bidang olahraga dari Dubes Inggris, Mozzam Malik, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini terlihat antusias menyambutnya. Menurut dia, dengan jumlah Sekolah Sepakbola (SSB) di kota pahlawan yang mencapai 89 lokasi, kerjasama itu akan sangat menguntungkan.

"Di sana (Liverpool) ada sekolah sepakbola anak-anak mulai usia dini. Kita juga ingin anak-anak di Surabaya seperti itu," ujar Risma.

Risma menegaskan, peluang untuk menjadi pemain bola yang hebat saat ini peluangnya cukup besar. Untuk itu, pemerintah kota ingin anak-anak di Surabaya mengambil peluang itu buat masa depan mereka. 

"Kalau treatmentnya betul, insyaallah akan lahir Evan Dimas Evan Dimas yang baru dari Surabaya," pungkas Risma. (pan) 

Post a Comment