Ads (728x90)


BANYUWANGI (Mediabidik) - Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1439 H, masyarakat Dusun Pekulo, Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, menggelar tradisi yang bertajuk 'Grebeg Tumpeng Suro', Rabu (20/09).

Bertempat di pertigaan besar dusun setempat, lebih dari 20 tumpeng nasi, tumpeng palawija, tumpeng hasil bumi diarak keliling kampung dan diperebutkan atau digrebek setelah doa bersama. Acara yang digelar rutin setiap tahun ini bertambah meriah dengan kehadiran Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Dalam sambutannya, Bupati Anas memaparkan jika dirinya sangat mengapresiasi kegiatan grebeg tumpeng suro yang dilaksanakan warga setempat, karena menurutnya kegiatan tersebut dapat menumbuhkan gotong royong dikalangan masyarakat.

"Alhamdulilah kali ini saya dapat menghadiri acara ini. Atas nama Pemerintah Daerah, kami sangat menghargai dan mengapresiasi kegiatan warga. Karena swadaya yang tumbuh, dapat menghidupkan rasa gotong royong dikalangan warga Dusun Pekulo," terang Bupati Anas.

Dikesempatan itu, secara simbolis, Bupati Anas memberangkatkan arak-arakan grebeg tumpeng suro yang dilaksanakan warga. Dalam momen tersebut dia juga menyempatkan diri ikut menandu tumpeng raksasa yang dikirab oleh masyarakat dusun setempat.

Sementara, panitia 'Grebeg Tumpeng Suro', Andre Subandrio mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Banyuwangi, dan mengapresisasi kegiatan warga Dusun Pekulo, yang sudah dilaksanakan ke 6 kalinya ini.

"Hingga saat ini dananya murni dari swadaya masyarakat, meskipun demikian, saya berharap agar kegiatan ini bisa masuk agenda Banyuwangi Festival," ungkap Andre.(nang)

Post a Comment