Ads (728x90)


SURABAYA (Mediabidik) - Bencana banjir yang terjadi dibeberapa daerah ahkir -ahkir, mengugah kepedulian pemerintah kota (Pemkot) Surabaya untuk membantu daerah yang tertimpa musibah. 

Pemkot sangat aktif dalam menggalang dan menyalurkan bantuan ke daerah bencana meski lokasi nya di luar pulau. Terakhir adalah penyaluran bantuan bencana dan juga bakti sosial kesehatan di wilayah terdampak banjir Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Pada pertengahan Februari lalu, Pemkot Surabaya telah mengirimkan bantuan berupa tenaga kesehatan, logistik serta layanan bakti sosial kesehatan terhadap korban banjir Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. 

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Muhamad Fikser menyampaikan, ada beberapa bantuan yang diberikan Pemkot Surabaya ke Sumbawa. Diantaranya, uang tunai senilai Rp 100 juta yang diserahkan di Posko Bantuan Bencana Kabupaten Sumbawa dan diterima langsung oleh Bupati Sumbawa, Husni Djibril disaksikan Wakil Bupati, Kepala Bagian Humas dan Ikatan Keluarga Sumbawa (13/2). 

Sedangkan bantuan berupa barang diantaranya mie instan sejumlah 30 karton, Diapers 4 karton, sarung 500 buah, selimut 400 buah, 500 kaos dewasa 500, 204 kaos anak, pakaian bayi sebanyak 200 buah, seragam sekolah untuk anak SD dan SMP masing-masing 100 buah dikirim melalui kantor Pos dan telah diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sumbawa (16/2) lalu. 

"Bantuan tersebut merupakan bentuk wujud kepedulian dari warga Surabaya dan Pemerintah Kota Surabaya kepada warga Kabupaten Sumbawa yang terkena musibah banjir,"jelasFikser. 

Sementara itu, pelaksanaan kegiatan bakti sosial kesehatan warga terdampak banjir Kabupaten Sumbawa, dilaksanakan oleh tim kesehatan dari PMI yang terdiri dari dua orang dokter dan tiga orang relawan PMI Kota Surabaya, dua orang Koordinator lapangan dari Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat Kota Surabaya dan seorang Bagian Administrasi Kesejahteraan. 

Beberapa desa di Sumbawa, NTB yang menjadi sasaran pelaksanaan pelayanan bakti sosial kesehatan yakni Dusun Sengkal, Desa Batu Bangka Kecamatan Moyo Hilir, dan Desa Kakian Kecamatan Moyo Utara. Juga Dusun Malili Desa Berari Kecamatan Moyo Hilir dan Desa Kakian dan Desa Poto Kecamatan Moyo Utara. 

Selain layanan pemeriksaan kesehatan, warga terdampak banjir juga mendapat obat-obatan yang dibutuhkan sesuai dengan hasil diagnosa dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan dokter dan perawat.(pan)

Post a Comment