Ads (728x90)


SURABAYA (Mediabidik) - Kali Pertama Partai Demokrat besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan musyawarah di tingkat Dewan Pengurus Cabang (DPC) secara serentak. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan keadaan harmoni dan kebersamaan di dalam partai, melakukan musyawarah cabang (muscab) serentak.
      
Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Jatim Dr.H.Sukarwo di temui usai membuka Muscab serentak mengatakan acara ini baru pertama kali dilakukan sebuah partai yang ada di Indonesia, menurutnya Muscab DPC serentak ini selain menjalin keutuhan silahturahmi sesama kader juga untuk mewujudkan rasa harmoni dan kebersamaan.
        
"Mengapa harus serentak, karena ini dilakukan sebagai bentuk proses deklaratoit supaya Partai Demokrat yang ada di  38 kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur lebih solid, apalagi dalam menjelang Pilgub Jatim mendatang dan sekaligus rapatkan barisan untuk saling koordinasi secara langsung," terang Karwo saat ditemui di tempat Muscab berlangsung Asrama Haji jalan Sukolilo Surabaya, Sabtu (4/3).

Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo mengklaim ini merupakan satu-satunya di Indonesia. Meski baru dilakukan oleh 11 dewan pengurus cabang (DPC), tetapi model ini sangat bagus. Dimana konsep dialog yang paling diutamakan oleh partai berlambang bintang merci ini.

Ditegaskan pakde Karwo bahwa Muscab yang dilakukan serentak dalam satu hari tersebut, didahului pra muscab sebelumnya di daerah masing-masing. Sehingga saat muscab berlangsung tinggal melakukan musyawarah pelantikan pengurus DPC. Dengan konsep seperti ini musyawarah mufakat dijalankan. Ini sesuai dengan budaya Jatim yang mengedepankan musyawarah mufakat dalam berorganisasi. 

"Sehingga musyawarahnya sudah jalan. Karena ini kan culture yang harus dibangun. Dimana politik harmoni harus dilaksanakan, bukan konflik. Sebab culture kita kan harmoni. Ada juga yang bilang kekeluargaan. Tapi prinsipnya adalah musyawarah mufakat," paparnya kepada wartawan. 

Masih menurut Pakde Karwo, setelah ini selesai, akan ada lagi tahap berikutnya untuk sisa DPC yang belum muscab. Meski masih menyisakan 27 DPC yang belum muscab, namun beberapa sudah melaksanakan pra muscab. "Ada sebagian yang sudah. Prinsipnya Maret sudah selesai seluruhnya," pungkas orang nomor satu di Jawa Timur ini.(rofik) 


Post a Comment