Skip to main content

Wali Kota Apresiasi Kemandirian Karang Taruna Surabaya

SURABAYA (Mediabidik) - Kemandirian karang taruna Kota Surabaya untuk menjadi lebih berdaya demi menjadi tuan dan nyonya di kota nya sendiri, mendapatkan apresiasi Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Menurut wali kota, anak-anak muda yang tergabung dalam karang taruna mulai level kelurahan dan kecamatan, telah mempu mengubah image karang taruna.   

"Karang taruna dulu sempat ditinggalkan karena dianggap nggak gaul dan nggak modern. Tetapi, Surabaya terbukti mampu menghidupkan kembali karang taruna. Namanya boleh sama, tetapi kuantitas dan kualitas yang berbeda. Terpenting adalah apa yang dihasilkan dari sebuah nama," tegas Wali Kota Tri Rismahairni di rapat kerja III tahun 2017 karang taruna di Graha Sawunggaling, Lantai VI kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Kamis (9/10/2017).

Karang taruna di Surabaya kini tidak hanya aktif dalam kegiatan kepemudaan. Tapi, mereka juga aktif dalam program pemberdayaan ekonomi. Salah satunya aktif tergabung dalam program Pejuang Muda yang merupakan bagian dari program Pahlawan Ekonomi yang digagas Pemkot Surabaya. Setiap akhir pekan, mereka mengikuti pelatihan usaha di Kapas Krampung Plaza. Di sana, mereka tidak hanya mendapatkan pelatihan berwirausaha, tetapi juga pelatihan manajemen keuangan, pemasaran, packaging produk hingga asuransi. 

Bahkan, dalam agenda rapat kerja tersebut, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara pengusaha peduli dengan karang taruna. Salah satunya dari Kamar Dagang Industri (Kadin) Surabaya.  

Dikatakan wali kota, selama ini Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mendukung penuh karang taruna untuk menjadi lebih berdaya. Pemkot menfasilitasi apa-apa yang dibutuhkan oleh pemuda karang taruna di Surabaya. Semisal ada yang ingin dilibatkan dalam optimalisasi fungsi sentra PKL. "Kami hanya menfasilitasi. Anak-anak ini berusaha sendiri. Secara kemandirian, sudah di atas 80 persen untuk menjadi karang taruna yang mandiri. Tapi tolong tetap belajar. Semisal terkait transaksi keuangan secara online, harus belajar pada ahlinya agar tidak kena tipu," jelas wali kota.    

Kepada para lurah yang hadir di acara itu, wali kota berharap agar mengakomodasi usulan dan program dari karang taruna dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang). "Usulannya di listing. Tapi prioritasnya pemberdayaan ekonomi. Kenapa? Karena kita harus bisa survive secara ekonomi. Jangan nganggur. Kunci nya kalau kita mau, kita pasti bisa," pesan wali kota.  

Ketua Karang Taruna Kota Surabaya, HM Arif an, mengatakan, Pemkot Surabaya melalui Dinas Pemuda dan Olahraga dan Dinas Sosial, selama ini ikut terlibat dalam penguatan kelembagaan dan pembinaan anak-anak muda yang tergabung dalam karang taruna. Termasuk juga penguatan ekonomi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (dulu bernama Bapemas KB).  

"Dulu, tidak sedikit yang ketika ikut karang taruna disambati (dikeluhkan) orang tua nya atau istri nya "oleh opo" (dapat apa). Kini mereka tahu bahwa masuk karang taruna bisa menjadi berdaya. Karang taruna Surabaya tidak hanya tampil di acara Agustusan. Kami aktif dalam program penguatan ekonomi," ujar Arif an.

Untuk program penguatan ekonomi ini, Arif an mencontohkan, setiap kali kegiatan selalu ada bazar yang melibatkan pemuda karang taruna. Lalu diikuti dengan pembentukan koperasi teratai taruna. Serta, adanya program pejuang muda Surabaya. "Dengan menjadi pejuang muda Surabaya, banyak yang mulai paham usaha. Kami kini berkoordinasi dengan Dinas Koperasi agar di sentra PKL ada teman-teman karang taruna," sambung Arif an.(pan) 

Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni