Ads (728x90)


SURABAYA (Mediabidik) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) menyalurkan dana sosial (CSR) untuk menyembuhkan Shinwan Bintang Wiratama, bocah 7 tahun asal Blitar, Jawa Timur, yang menderita tumor gusi (Cherubism). 

"Setelah lebih dari 5 jam operasi, akhirnya tumor yang bersarang pada diri Bintang dapat diangkat. Saat ini Bintang tengah menjalani proses penyembuhan pasca operasi," kata Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heliyanto, saat jumpa pers di RS Primasatya Husada Citra (PHC), Tanjung Perak, Surabaya, Senin (9/1/2017).

Sementara Ketua Tim Dokter Operasi, Urip Murtedjo menjelaskan, operasi Bintang dilakukan di RS PHC, yang merupakan anak perusahaan PT Pelindo III, Kamis (5/1/2017) lalu, dengan melibatkan tim dokter spesialis yang terdiri dari tujuh orang. "Operasinya berlangsung lancar," ujar Urip Murtedjo.

Urip mengatakan, tumor yang diderita Bintang bukan kategori tumor ganas. Namun jika tidak segera ditangani, dapat menyebabkan gangguan lain dalam tubuh penderita, seperti gangguan pernafasan hingga gangguan penglihatan.

"Tumor ini jinak, kemungkinan setelah dioperasi akan berangsur menghilang. Tapi kami tetap akan melakukan evaluasi hingga tiga  sampai enam bulan ke depan," katanya. 

Selanjutnya, setelah pasien diperbolehkan pulang, lanjut Urip, PHC akan terus memberikan penyuluhan untuk peningkatan gizinya.  "Sebab kadar kalsiumnya tinggi yang menyebabkan tulangnya rapuh. Bisa benar-benar sembuh kalau gizinya naik sehingga tulangnya benar-benar kuat," tuturnya.

Sedangkan Joko Sapuan, ayah pasien, menceritakan, anak bungsunya itu telah mengidap tumor gusi sejak usia 1 tahun. "Saya sambut baik tawaran PT Pelindo III yang memberikan bantuan penanganan penyakit tumor pada anak kami. Kami sangat berterima kasih," ujarnya.

Semasa sekolah, lanjut Joko, anaknya sempat mejadi juara kelas. "Tapi karena penyakitnya, Bintang tak dapat lagi melanjutkan sekolah. Pasca operasi, saya berdoa agar Bintang dapat melanjutkan pendidikannya," harap Joko.

Toto menjamin, biaya rawat jalan pasca operasi akan ditanggung sepenuhnya oleh CSR PT Pelindo III hingga pasien benar-benar sembuh. "Setelah pulang ke Blitar, selanjutnya ditangani Tim Dokter Observasi. Ada ahli gizi yang nantinya akan memberi jadwal dan menu makan atau minum agar gizinya tinggi," ujarnya.

"Pelindo III sebagai BUMN memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat, salah satunya dengan pemberian bantuan seperti ini," ujarnya.

Sementara itu, 2015 lalu, Pelindo lll telah menyalurkan dana bina lingkungan sebesar Rp 11,27 miliar. Dari jumlah tersebut, porsi terbesar disalurkan untuk bantuan bidang sosial pengentasan kerriskinan sebesar Rp 3,07 miliar. Jumlah tersebut disalurkan melalui cabang pelabuhan di 7 provinsi yg menjadi wilayah kerja Pelindo III. (haria)

Teks Foto :  Tim dokter RS PHC Surabaya saat menggelar jumpa pers pasca operasi Shinwan Bintang Wiratama, bocah pengidap tumor gusi asal Blitar yang mendapat bantuan CSR dari PT Pelindo III. (Foto : Haria Kamandanu)

Post a Comment