Ads (728x90)


SURABAYA (Mediabidik) - Sepanjang tahun 2016, Komisi E DPRD Jawa Timur mencatat BPJS yang paling banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Untuk itu, pada tahun 2017 nanti, Komisi yang membidangi tentang Kesehatan ini mengingatkan agar BPJS memperbaiki pelayanan dan sistemnya, sehingga masyarakat merasa nyaman ketika hendak berobat.

     
dr Benyamin Kristianto MARS Anggota Komisi E DPRD Jatim mengatakaKomisi E Ingatkan Ingatkan BPJS  Perbaiki Pelayanan, BPJS merupakan program pemerintah. Dimana dalam peraturan pemerintah seluruh masyarakat harus ikut serta menjadi peserta BPJS.

     
"Karena menjadi program tulang punggung kesehatan, BPJS harus terus memperbaiki agar mengarah yang lebih sempurna. Perbaikan tersebut harus dilakukan dari hulu hingga hilir," tegas  dr.Beny saat di temui di ruang kerjanya , Kamis (5/1) .

        
Menurut politisi asal Partai Gerindra tersebut, langkah yang harus dilakukan untuk perbaikan adalah memperbaiki pendaftaran, dan mempermudah sistemnya, sehingga tidak sampai antri panjang. Selain itu, memperbaiki pelayanan baik di klinik, maupun di rumah sakit.

      
Mantan Dirut Rumah sakit swasta di Surabaya ini mengaku yang paling banyak mendapat complain dari masyarakat adalah pelayanan di rumah sakit. Masyarakat mengeluh karena kamar di rumah sakit sering dikatakan sudah penuh, dan keluarga pasien diharuskan membeli obat yang diresepkan dengan dalih obat terkait tidak terdaftar di e-katalog BPJS.

       
"Dokter sering mengatakan tempat penuh, jika pakai BPJS dan membeli obat diresepkan karena tidak terdaftar di e-katalog," ungkapnya.

        
Untuk itu, ketua Kesehatan Indonesia Raya (Kesira) Jatim tersebut pihak BPJS harus dapat mengantisipasi yang sering dikomplain oleh masyarakat. BPJS harus memasang pengumuman di loket pendaftaran  ketersediaan jumlah kamar yang ada dan yang tersisa. Dengan begitu, seluruh keluarga pasien dapat mengetahui di pendaftaran, dan pihak rumah sakit tidak bisa menolaknya jika masih ada kamar kosong.

   
politisi yang sekaligus berprofesi seorang dokter ini  juga menekankan agar ada perwakilan dari BPJS untuk mengawasi dan mendampingi masyarakat di pendaftaran, sehingga ada penindakan yang tegas jika ada pihak yang nakal.(rofik)

Post a Comment