Ads (728x90)

SURABAYA (Mediabidik) – Kalau Kita lihat bahwa letak daerah Jember dan Lumajang secara geografis merupakan daerah yang bagus untuk pertanian, namun faktanya petani di sana sering kali kesulitan ketika tanam tiba, alasannya kelangkaan pupuk sering terjadi di sana.
     
H.Rofik Anggota DPRD Jatim asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jatim melihat persoalan mahalnya pupuk dan sulitnya pupuk adalah ulah oknum yang bermain-main untuk mencari keuntungan.
    
" Sebenarnya stok pupuk pemerintah cukup tersedia banyak, namun karena ulah oknum dan para tengkulak pupuk sehingga harga pupuk di buat mahal, apalagi sampai sulitnya mendapatkan pupuk ," tegas H Rofik saat di temui di ruang pribadinya.
    
Selain itu dari sektor Perikanan, ternyata kehidupan para nelayan di sana seperti masih kekurangan, padahal hasil tangkap nelayan di daerah jember dan Lumajang sangat berlimpah, namun faktanya ketika hasil tangkap yang semestinya bisa memberi keuntungan berlimpah bagi nelayan ternyata sebaliknya
   
"Nelayan di sana justru malah terlilit hutang pada para juragan yang memberi pinjaman dengan bunga yang tinggi, ini di lakukan nelayan di sana karena terpaksa, sebab mereka harus memenuhi kebutuhan keseharian bagi keluarga, meskipun hasil tangkap nelayan berlimpah, tapi uangnya tidak ada, karena hasil tangkap mereka di beli para tengkulak ikan," jelas H.Rofik.
   
Anggota Komisi B DPRD Jatim yang membidangi Perekonomian ini meminta Pemerintah melalui dinas terkait supaya hadir ditengah-tengah para petani dan nelayan yang ada di daerah tersebut, supaya nasib petani dan nelayan lebih baik.
    
" Pemerintah harus memberikan modal dan membeli hasil panen para petani dan nelayan dengan harga bagus, sehingga para petani dan nelayan kehidupannya semakin baik," harap H.Rofik.
    
Sementera itu persoalan pertambangan liar yang ada di daerah Jember dan Lumajang masih banyak, sehingga masyarakat di sana selalu was-was dengan keberadaan tambang, liar di daerah tersebut.
   
" Saya mendesak kepada Pemerintah Provinsi secara tegas menertibkan keberadaan tambang liar yang meresahkan wearga Jember dan Lumajang ," pintanya. (rofik)

Post a Comment