Ads (728x90)

SURABAYA (Mediabidik) - Walaupun ramai diberitakan soal keabsahan SK Pelaksana Tugas Ketua DPC Partai Hanura Surabaya yang diberikan pada Eddy Rachmat, tak menghalangi DPD Partai Hanura Jatim untuk melakukan pengukuhan pengurus DPC di 38 kabupaten kota, Senin (28/11). Eddy Rachmat yang kini juga diajukan untuk pergantian antar waktu (PAW) dari DPRD Kota Surabaya pun tetap dikukuhkan sebagai pelaksana tugas Ketua DPC Partai Hanura Kota Surabaya 2016-2021.

Eddy mengatakan ini adalah bukti bahwa apa yang di SK kan oleh DPP Partai Hanura atas dirinya sebagai pelaksana tugas bukan main main. Ia pun menganggap bahwa gejolak penolakan yang masih bergemuruh di internal DPC saat ini hanya sebagai dinamika politik belaka. "Di balik semua ini, baik itu gejolak sampai isu PAW adalah bagian dari kecemburuan sosial. Makanya saya kemarin hanya diam saja, biar lah orang lain mau ngomong gimana," kata Eddy usai di kukuhkan di Jatim Expo.

Pasca pengukuhan ini, pihaknya siap melakukan penguatan internal partai. Ia juga akan mengadakan musyawarah cabang luar biasa pada tanggak 14 Desember mendatang. Hal tersebut sesuai dengan amanah DPD atas dirinya sebagai pelaksana tugas ketua DPC. Dalam Muscablub tersebut jika ada kesepakatan mufakat baru akan ditemukan ketua DPC Partai Hanura yang definitif.

Selain itu, ia juga memastikan bahwa pengajuan PAW itu tidak akan mempengaruhi dirinya di DPRD. Sebab ia menegaskan bahwa PAW hanya bisa dilakukan melalui mekanisme standar. "Harus dimulai dengan musyawarah dan forum seluruh pengurus harian. Nggak sederhana prosesnya dan semua forum itu harus setuju atas pengajuan PAW nya. Sedangkan PAW saya malah nggak ada yang tahu," imbuh Eddy.

Ia menambahkan, yang jelas pengajuan PAW tidak bisa diajukan secara personal melainkan harus melalui pengajuan dari DPP. Karena itu pihaknya akan berupaya melakukan pembenahan di internal partai dalam waktu dekat. Tidak hanya di DPC, malainkan juga sampai tingkat ranting dan anak ranting.

Sementara itu hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Jawa Timur Kelana Aprilianto. Ia mengatakan ia tidak bisa memastikan soal PAW Eddy Rachmat. Yang jelas pengukuhan Eddy sebagai pelaksana Tugas Ketua DPC Partai Hanura Surabaya ini adalah dalam rangka melaksanakan amanah dari DPP. Sebab DPP sudah menentukan Eddy sebagaibpelaksana tugas. Maka DPD akan mengawal sampai ada muscab luar buasa yang akan dilaksanakan pada bulan mendatang.

"Kita yakin Hanura masih bisa kondusif. Kami akan melakukan konsolidasi dengan memanggil DPC Kota Surabaya membahas soal pengajuan PAW atas Pak Eddy Rachmat," kata Kelana.
Namun ia mengakui bahwa tantangan terbesar ke depan adalah kerukunan internal dalam partai. Oleh sebab itu yang akan dilakukan adalah melakukan penguatan internal. Terlebih di tahun 2019 DPD Partai Hanura Jatim menargetkan perolehan kursi sebanyak 200 kursi di seluruh DPRD kabupaten kota di Jatim. (pan)

Post a Comment