Ads (728x90)

SURABAYA (Mediabidik) – Peran serta Nadlatul Ulama (NU) dalam merebut kemerdekaan RI dari tangan penjajah sangat besar, salah satunya terlibat langsung dalam peran serta perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato di Surabaya (kini menjadi Hotel Mojopahit ) adalah kader NU.
     
Hal itu disampaikan Aktifis NU sekaligus Anggota DPRD Jatim H.Fatchullah,SH  mengatakan, sebenarnya banyak sejarah perebutan kemerdekaan RI yang belum diketahui oleh masyarakat, salah satunya adalah bendera Belanda yang disobek warna birunya di Hotel Majapahit," ungkap Fatchullah saat di temui di ruang kerjanya,Sabtu (20/8)
     
Meskipun dalam sejarah pelaku perobekan hanya disebutkan arek-arek Surabaya, ini  sepertinya sejarah terkesan menghilangkan peran serta NU dalam merebut kemerdekaan, untuk itu sebagai Aktifis NU mendorong pemerintah untuk menggalih lebih dalam pelaku-pelaku sejarah, mengingat banyak kalangan NU yang gugur di medan pertempuran tapi tidak tertulis.
     
Politisi asal Fraksi PKB DPRD Jatim ini juga memandang banyak sejarah yang sengaja dihilangkan dimata pelajaran para murid sekolah ketika masa orde baru, padahal kebenaran sejarah sangat dibutuhkan oleh generasi muda untuk mengetahui siapa saja yang terlibat.
    
" NKRI harus dipertahankan dari berbagai ancaman yang kemungkinan bisa timbul, maka perlu pelurusan sejarah harus segera dilakukan," ucap pria kelahiran malang ini.
    
Selain itu, lanjut Fatchullah, peran serta para habaib juga memliki peran serius dalam kemerdekaan Republik Indonesia, keterlibatannya pata habaib itu tergabung dalam kubu wathon, yaitu meyakini bahwa membelah tanah air dan cinta tanah air adalah sebagian dari iman.
    
" Habaib turut ambil dalam membangun bangsa Indonesia, bahkan pembangunan model sekarang yakni Sunnah wal jamaah, rahmatan lil alamin banyak di warnai oleh habaib, "pungkas Anggota Komisi A tersebut. (rofik)

Post a Comment