Ads (728x90)


SURABAYA ( Media Bidik ) - Dalam penggelolahan air baku yang berasal dari sumber sungai Brantas yang di Surabaya untuk menjadi air bersih serta memenuhi kebutuhan air bagi warga Surabaya. PDAM kota Surabaya berusaha semaksimal mungkin dalam pengelolahan air untuk memberikan perlindungan pada sumber air dengan perbaikan mutu asal air sampai menjadi mutu yang diinginkan dengan tujuan agar aman dipergunakan masyarakat Surabaya.

Dalam pengelolahan air PDAM kota Surabaya mempunyai 6 Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) di 2 Lokasi yaitu Ngagel dan Karang Pilang dengan kapasitas total 10.830 liter/detik serta beberapa sumber mata air di daerah Umbulan dan Pandaan.Untuk pengolahan air di IPAM Karang Pilang 1,2 dan 3 bisa menghasilkan air bersih 6000 liter/detik dan untuk pengolahan dari air baku menjadi air bersih IPAM Karang Pilang membutuhkan waktu kurang lebih 6-7 jam dengan melalui beberapa tahapan diantaranya, Aerasi, Prasedimatasi, Koagulasi-Flokuasi, Sedimentasi dan Filtrasi.

Seperti yang dijelaskan Manager Produksi IPAM Karang Pilang Ahmad Nuratudin,"Untuk pengolahan air baku menjadi air bersih yang berasal adari sumber sungai Brantas yang ada di Surabaya  kita mengunakan 2 alat yang bernama Tras Boam dan Oil Boam yang berguna sebagai penghalau sampah dan minyak yang akan masuk ke instalasi,"jelasnya.Selasa(1/3).

Ahmad juga menambahkan," Selain itu dalam pengolahan air kita juga mengunakan beberapa bahan kimia diantaranya, Almunium Sulfat cair, Poli Elektrolit, Kaforit dan Gas Kloor,yang berfungsi sebagai pembersih, Penjernih dan Pembunuh kuman,"imbuhnya.

Sementara itu Direktur Operasional PDAM Surabaya Tatur Tjahuari menambahkan,"Pada musim hujan tingkat kekeruhan air di kali Surabaya semakin tinggi. Hal ini karena debit air meningkat dan endapan bertambah banyak. Sementara endapan di dasar kali sebelumnya terurai karena arus yang deras."ungkapnya.

Dia juga menambahkan,"Yang bisa kita lakukan adalah, kita monitor tingkat kekerugahn, dan sampai sekarang kita masih produksi sesuai standar. Kita tidak perlu menambah jernih air. Cuma pemakian bahan kimia semakin besar," katanya.

Untuk pengolahan air di IPAM Karang Pilang mampu memproduksi air bersih 5.950 liter/detik. Rinciannya, IPAM Karang Pilang I sebanyak 1.450 liter/detik, II sejumlah 2.500 liter/detik, dan 2.000 liter/detik untuk Karang Pilang III.
Air PDAM hasil produksi IPAM Karang Pilang didistribusikan ke seluruh kawasan Surabaya. Hanya saja, selama ini diprioritaskan ke Surabaya Barat dan kawasan Surabaya Timur, terutama di daerah Rungkut.(pan)

Post a Comment