Skip to main content

Walikota Surabaya Menerima Kunjungan Bupati Batang

Tri Rismaharini menyempatkan menerima kunjungan Bupati Kabupaten Batang Jawa Tengah
SURABAYA ( Media Bidik ) - Di sela kepadatan agenda dan kegiatan sebagai kepala daerah, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menyempatkan menerima kunjungan Bupati Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Yoyok Riyo Sudibyo di Balai Kota Surabaya, Rabu (2/3/2016) pagi. Bupati Batang diterima di ruang kerja wali kota. Ikut mendampingi wali kota, Sekretaris Kota Surabaya, Hendro Gunawan dan Kabag Humas Pemkot Surabaya, Muhamad Fikser.   

Ada banyak hal yang dibicarakan oleh dua kepala daerah yang sama-sama menerima penghargaan Bung Hatta Anti Corruption Award 2015 ini. Bupati Batang banyak bercerita perihal dinamika yang terjadi di kota nya, progres pembangunan kota, hingga rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Pertemuan selama sekitar satu jam tersebut berlangsung akrab dan gayeng. "Saya datang (ke Surabaya) untuk nyambangi guru saya, mbak Risma (Wali Kota Tri Rismaharini). Itu yang pertama. Dan kedua, saya menyampaikan undangan kepada mbak Risma," ujar Bupati Yoyok.

Undangan yang dimaksud Bupati Yoyok adalah mengharapkan kehadiran wali kota untuk hadir dan berbagi ilmu di kegiatan Festival Anggaran yang akan diselenggarakan di Batang, 13 Maret mendatang. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu tersebut rencananya dihadiri oleh kepala daerah (bupati dan wali kota) di kawasan Pantai Utara (Pantura). "Saya ambil (acaranya) hari Minggu. Semoga dari seluruh kesibukan Mbak Risma yang luar biasa, beliau meluangkan waktu dan meringankan langkah untuk bisa berbagi kebaikan dan kesuksesan dengan teman-teman bupati dan wali kota di Pantura. Ini tadi beliau bilang akan hadir," sambung mantan anggota TNI ini.

Menurut Bupati yang tampil sederhana ini, tidak sekali ini dirinya datang berkunjung ke Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Dan selama berkunjung, dia menyebut selalu diterima dengan ramah. Karenanya, dia mengaku heran dengan munculnya kabar yang sempat mencuat bahwa berkunjung ke Pemerintah Kota Surabaya itu susah. Yoyok menganggapnya itu terjadi hanya karena miskomunikasi.
"Susahnya di mana? Saya bolak-balik berkunjung ke Surabaya dan selalui ditemui dengan ramah dan bersahabat. Saya dijamu dengan sangat baik. Komunikasi dengan Bu Risma itu tidak sulit. Bagi saya, dalam hal mengutamakan tamu, Bu Risma itu seusai dengan akidah muslim," ujarnya.

Menurut bupati yang tampil sederhana ini, kedatangannya ke Surabaya kali ini bermula setelah dirinya tidak sengaja bertemu Wali Kota Tri Rismaharini di Jakarta. Dari situ, Bupati Yoyok lantas mengatakan akan berkunjung ke Surabaya. Dan, cukup dengan kontak telepon, ketika Wali Kota Risma ada waktu bertemu, Bupati Yoyok langsung berangkat ke Surabaya dengan menaiki kereta api, Senin (1/3). "Kalau berita yang kemarin itu saya pikir cuma miskomunikasi saja, jadi nggak usah dibesar-besarkan. Saya yakin tidak ada watak seperti itu di Mbak Risma. Saya udah sering ke Surabaya, bukan sekali ini. Ini tadi meski beliaunya sebenarnya ada kegiatan, kita tetap ngobrol sampai selesai," ujarnya.

Wali kota Batang juga menyampaikan apresiasinya terkait inovasi dan sistem e-government yang digagas Wali Kota Tri Rismaharini. Menurutnya, sistem berbasis "e" yang diterapkan di Surabaya, seperti e-procurement, e-budgeting dan sebagainya, akan sangat bagus bila diambil oleh pemerintah pusat untuk kemudian mewajibkan kabupaten/kota mengaplikasikannya. "Ini di Surabaya baik (sistem nya), kenapa tidak dijadikan sistem baku. Termasuk juga sistem di kota lain yang juga baik agar pembangunan berjalan lebih baik. Ini kan sudah diakui, celah kebocoran anggaran dan korupsi, bisa dipagari dengan baik," sambung bupat kelahiran 23 April 1972 ini.

Dia mencontohkan, di Kabupaten Batang, telah mengaplikasikan beberapa sistem yang diambil dari Surabaya. "Batang sudah jalan. Tahun ini mulai e-planning. Itu lho tidak perlu waktu lama. Saya minta sistem dan nggak susah. Tetapi memang, seperti kata Mbak Risma, tinggal bergantung komitmen kepala daerahnya," sambung Bupati Yoyok.

Sebelumnya, ketika momen Hari Jadi Kota Surabaya ke-721 tahun, Wali Kota Tri Rismaharini menandatangani kerja sama E-Goverment lintas perkotaan dengan 14 kepala daerah. Ke 14 daerah yang melakukan penandatanganan lintas kerja sama yakni Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemkot Medan, Pemkot Tebing Tinggi, Pemkot Batam, Pemkot Pekanbaru, Pemkot Depok, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul, Pemkot Kediri, Pemkot Banjarmasin, Pemkot Balikpapan, Pemkab Kotawaringin Timur, Pemkot Palu, Pemkot Makassar dan Pemkab Jayapura.

Pemkot Surabaya membuka pintu lebar-lebar dan tidak keberatan bila keberhasilan dalam mewujudkan good governance dicontoh oleh daerah-daerah lain. "Para Kepala Daerah tertarik bekerja sama dengan kita karena Pemkot Surabaya sudah mendapatkan ISO untuk pengamanan Teknologi Informasi sebagai wujud pakta integritas," ujar wali Risma.

Kerja sama yang dilakukan dalam bentuk Pemkot Surabaya memberikan softwere E-Goverment baik itu E-Budgeting sampai perizinan. Bahkan, bila beberapa kepala daerah tersebut membutuhkan training maka Pemkot Surabaya siap mengirimkan tenaga pelatihan.(pan)

Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni